BLOG POSTS

17 September 2014

Rsync for Windows

Assalammualaykum teman-teman, Alhamdulillah saat saya bersama bang pulung mengerjakan proyek iGrow, saya diajari suatu ilmu baru untuk meng-sinkronisasi code dari laptop ke server dengan menggunakan cwRsync. Jadi dengan adanya cwRynsc ini saya tidak perlu lagi mengganggu bang pulung untuk mengupload code ke server hehe 😀

Nah sekarang akan saya coba jabarkan bagaimana cara menginstall cwRsync dan menggunakannya di laptop yang memakai sistem operasi windows :

  1. Download dan install cwRsync di tautan berikut http://www.rsync.net/resources/binaries/cwRsync_3.1.0_Installer.zip , saat menginstall sangat direkomendasikan untuk menaruh file di default lokasi yaitu C:\Program Files\cwRsync.
  2.  Setelah selesai menginstall cwRsync buatlah public key dengan membuka cmd lalu masuk ke direktori cwRsync/bin dengan mengetikkan perintah  cd “c:\program files\cwrsync\bin”. Setelah masuk ke direktori tersebut ketikkan perintah ssh-keygen -t rsa -N ” nah selanjutnya teman-teman akan ditanya apakah akan mengsave public key tersebut, ketikkan perintah yes.
  3. Selanjutnya teman-teman import public key yang didapat ke cpanel tempat project bernaung.
  4. Untuk melakukan sinkronisasi code dari laptop ke server, ketikkan perintah berikut pada direktori cwRsync/bin: rsync -rlvhuc  -e “ssh -p18765” “/cygdrive/[direktori code di laptop]” “[direktori di server]”  sebagai contoh perintah sinkronisasi untuk project iGrow adalah sebagai berikut : rsync -rlvhuc  -e “ssh -p18765” “/cygdrive/C/xampp/htdocs/IGrowt/igrow-w/Code/” “igrowclu@igrow.club:/home/igrowclu/public_html/”

Sekian sharing dari saya, semoga dapat bermanfaat 😀

sumber : http://www.rsync.net/resources/howto/windows_rsync.html

*kalau ada yang bingung bisa ditanyakan ke bang pulung sebagai guru saya :p

 

Ryan Riandi
Ryan Riandi

Latest posts by Ryan Riandi (see all)