fbpx

Apa itu WooCommerce? Pengertian, Manfaat, dan Tipenya

Contents

Share the article

Berencana untuk mengembangkan bisnis Anda secara online? Saatnya Anda menggunakan WooCommerce sebagai solusinya! WooCommerce adalah fitur plugin yang eksklusif dan hanya bisa Anda temukan di WordPress. Plugin ini membantu Anda untuk menciptakan toko online sendiri tanpa perlu repot memikirkan coding ataupun bahasa pemrograman lainnya.

WooCommerce adalah sebuah shortcut bagi Anda yang ingin memiliki website yang bisa melakukan transaksi dengan biaya yang jauh lebih murah. Dibanding beberapa pesaingnya seperti Shopify dan Magento, WooCommerce menjadi favorit banyak orang karena fitur lengkapnya dan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penjualan.

Bagi Anda yang penasaran dengan bagaimana WooCommerce dan masih ragu untuk menggunakannya, simak artikel mengenai WooCommerce dari Badr Interactive berikut ini!

Pengertian

WooCommerce adalah sebuah plugin untuk toko online gratis yang bisa Anda gunakan di dalam platform WordPress. WooCommerce dibuat oleh WooThemes (2011) yang sekarang telah bergabung dengan Automattic. Data yang diambil dari Barn, hingga tahun 2021 kemarin, WooCommerce sudah dipasang oleh 3,8 juta toko online dari berbagai jenis industri seperti toko buku, majalah, hingga lembaga donasi. 

WooCommerce adalah plugin yang memudahkan Anda dalam membuka toko online pada website karena bisa mencakup berbagai fitur seperti halnya e-commerce. Plugin ini sangat cocok untuk Anda yang baru memulai berbisnis online maupun perusahaan yang besar. WooCommerce adalah sebuah open source yang banyak dikembangkan oleh khalayak umum saat ini.

Lalu, siapa saja yang bisa menggunakan WooCommerce ini? Pada dasarnya, semua pebisnis online bisa menggunakan plugin WooCommerce pada website mereka. Hal yang membuat WooCommerce sangat populer adalah fitur lengkap mulai dari metode pembayaran & pengiriman yang berbeda, variabel produk, dll. WooCommerce adalah pilihan tepat untuk Anda yang saat ini baru membangun website untuk bisnis, karena tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membuat sistem transaksi atau pembelian di website.

WooCommerce adalah plugin yang memiliki motto “The most customizable eCommerce platform for building your online business” artinya, WooCommerce memberi kebebasan penuh pada penggunanya untuk melakukan personalisasi website sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Jenis Produk

Di dalam plugin WooCommerce terdapat 4 jenis produk yang bisa Anda gunakan. Tipe produk ini akan disesuaikan dengan barang yang Anda akan jual ke depannya. Berikut adalah jenis produk yang ada di WooCommerce

1. Simple Products

Simple Products dalam WooCommerce adalah jenis yang bisa digunakan untuk Anda yang hanya ada 1 varian tanpa ukuran ataupun pilihan warna. Sehingga jika Anda menggunakan Simple Products, Anda hanya akan memiliki 1 harga dan juga 1 SKU. Jenis produk WooCommerce ini sangat cocok untuk Anda yang menjual barang yang sedikit variasi.

Contohnya:

Andi adalah seorang penjual barang bekas yang ingin memasarkan produknya melalui website. Karena produknya hanya memiliki 1 jenis saja, ia kemudian menggunakan tipe Simple Products pada WooCommerce dan hanya memiliki 1 SKU per produk yang dijual.

2. Variable Products

Variable Products lebih kompleks daripada Simple Products, karena akan menambahkan fitur attributes dan variation. Tingkat kompleksitasnya pun mengikuti pada produk yang Anda jual nantinya. Semakin banyak variasi dalam 1 produk, maka semakin banyak SKU yang harus dibuat.

Contohnya:

Mira merupakan seorang penjual baju wanita, dengan beberapa jenis pakaian seperti kaos dan kemeja. Dalam setiap produknya, ia memiliki beberapa jenis ukuran dan juga warna yang tersedia. Pilihan terbaiknya, ia harus menggunakan tipe Variable Products pada WooCommercenya, seperti berikut ini:

  • Kaos Wanita S
  • Kaos Wanita M
  • Kaos Wanita L
  • Kaos Wanita XL

atau bisa juga berdasarkan warna yang saat ini tersedia pada produk. Meskipun kompleks, sistem pada WooCommerce akan memudahkan Anda untuk proses SKU dan pengecekan unitnya.

3. Grouped Products

Tipe produk selanjutnya dalam WooCommerce adalah Grouped Products. Tipe ini cocok untuk Anda yang menjual banyak produk dengan kategori yang beragam. Grouped Products akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi dan juga membuat SKU, karena bisa Anda kelompokkan sesuai dengan kategori yang sama.

Grouped Products juga bisa disebut dengan“parent product” yang tidak memiliki SKU atau harga, juga memiliki link ke produk lainnya di website Anda dan memungkinkan shopper melakukan view semua product di satu page.

Contohnya:

Brand X adalah merek yang menjual berbagai keperluan rumah tangga. Untuk memudahkan pengguna, Anda mengkategorikan produk ke dalam 3 jenis seperti alat dapur, alat kebersihan, dan juga alat dekorasi rumah.

  1. Kategori Alat Dapur
  • Pisau
  • Talenan
  • Lap
  1. Kategori Alat Kebersihan
  • Sapu
  • Alat Pel
  • Wiper
  1. Kategori Dekorasi Rumah
  • Wallpaper
  • Hiasan Dinding
  • Sprei

4. External/Affiliate Products 

Tipe terakhir dari produk yang ada di WooCommerce adalah Affiliate Products. Tipe produk ini digunakan untuk mempromosikan produk yang dijual pada website lainnya. Pembelian akan diproses di website lain dan tombol “Add to cart” akan digantikan dengan link yang Ada di backend product.

Manfaat

Berikut ini penjelasan mengenai manfaat WooCommerce pada website bisnis Anda:

1. Bisa Digunakan Banyak Produk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WooCommerce adalah plugins toko online yang bisa Anda gunakan untuk menjual berbagai produk. Plugin ini menyediakan banyak pilihan tema yang bisa Anda gunakan gratis dan disesuaikan dengan jenis toko serta produk yang dijual. Saat ini, WooCommerce memiliki lebih dari 1,000 pilihan tema gratis yang bisa Anda download.

WooCommerce juga memberikan rekomendasi mengenai tema apa yang nantinya bisa Anda gunakan. Biasanya saat Anda baru memasang plugin ini, WooCommerce akan menanyakan jenis bisnis yang Anda tawarkan dan memberikan beberapa tema pilihan yang sesuai dari fitur hingga warna teman. WooCommerce menyediakan tema untuk berbagai industri seperti restoran online, ebook, booking hotel, freelance, dan banyak lagi.

2. Keamanan Terjamin

Hal yang paling sering ditanyakan oleh berbagai pebisnis yang baru mulai dengan WooCommerce adalah “Seberapa aman plugin ini untuk menjaga kerahasiaan transaksi konsumen?”

Tak perlu khawatir, WooCommerce menjamin untuk selalu berkomitmen dalam menjaga keamanan data transaksi yang dilakukan dengan selalu melakukan update rutin mengenai keamanan mereka. Anda selaku pemilik bisnis tak perlu khawatir dengan tingkat keamanan WooCommerce saat ini, karena potensi akan kebocoran data atau disalahgunakan oleh pihak ketiga sangatlah kecil.

Sebagai pemilik website, Anda juga bisa meningkatkan keamanan website WordPress Anda dengan melakukan backup secara rutin dan memasang SSL (Secure Socket Layer) pada website Anda. Selain itu, Anda juga harus menggunakan kombinasi sandi yang kuat sehingga tidak mudah terbaca.

3. Fitur Lengkap

WooCommerce adalah plugin toko online gratis yang memiliki fitur lengkap layaknya e-commerce besar lainnya. Anda bisa memiliki berbagai fitur tanpa melakukan coding dan bisa Anda custom sesuai dengan kebutuhan transaksi pengguna. Berikut adalah fitur yang disediakan oleh WooCommerce:

  • Katalog produk
  • Payment gateway
  • Keranjang belanja
  • Pilihan kurir
  • Order management
  • Kupon diskon
  • Laporan penjualan

Adanya plugin WooCommerce ini akan memudahkan pengunjung website Anda berbelanja dan bisa membantu menaikkan conversion rate, karena mereka bisa langsung berbelanja saat itu juga. Fitur-fitur ini membuat WooCommerce adalah plugin toko online yang profesional dan semakin terpercaya oleh banyak pemilik toko online.

4. Mobile Friendly

WooCommerce menjadi salah satu plugins yang sudah dijamin mobile friendly. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dari WooCommerce, karena pengunjung yang menggunakan HP bisa merasa nyaman saat berselancar di website Anda. Semua elemen dan fitur yang ada di WooCommerce juga berfungsi baik meskipun diakses melalui HP.

Sebagai pemilik website, Anda juga bisa memikirkan strategi apa yang cocok untuk para pengguna HP. Berdasarkan data dari Hootsuite 2020, pengguna mobile kini mendominasi dengan 54,6%. Jumlah ini akan semakin naik setiap tahunnya karena semakin mudahnya pengunjung mengakses website kita melalui ponsel, tentu akan menaikkan tingkat penjualan dan juga awareness produk.

5. Bisa Dipersonalisasi

Manfaat terakhir dari WooCommerce adalah plugins ini bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan website Anda. Tersedia lebih dari 400 ekstensi yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik dan melengkapinya, seperti Paypal, Live Chat, dan sebagainya. Pastikan Anda menginstall ekstensi yang diperlukan saja.

WooCommerce memberikan hak untuk mengatur web developmentnya langsung kepada pemilik website. Tanpa menggunakan coding dan engineer pun, Anda juga bisa memiliki berbagai fitur lengkap layaknya marketplace besar lainnya.

Fungsi lain dari fitur personalisasi ini adalah untuk membedakan merchant website Anda dengan kompetitor. Semakin baik dan lengkap fitur yang ada dalam website Anda, tentu akan memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi.

6. Memiliki Komunitas yang Besar

woocommerce adalah
Foto oleh Barn

WooCommerce adalah plugins yang sudah diinstall oleh 160 juta penggunanya yang tersebar di seluruh belahan dunia. Plugins ini juga memiliki komunitasnya sendiri yang saat ini beranggotakan lebih dari 30 ribu orang, dan sering mengadakan berbagai acara seperti diskusi.

Komunitas ini juga membantu Anda dalam menjaring koneksi baru, karena yang menggunakan WooCommerce biasanya adalah pengusaha-pengusaha dalam berbagai industri.

Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari WooCommerce, saatnya Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari plugins ini. Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan WooCommerce:

Kelebihan

  • Memiliki fitur lengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda
  • Memiliki ribuan tema gratis yang bisa Anda gunakan
  • Bisa melakukan custom design pada website
  • Memiliki 100+ opsi payment gateway
  • Terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain seperti Google Ads, Facebook, hingga Mailchimp.

Kekurangan

  • Hanya bisa digunakan oleh pengguna WordPress saja
  • Harus mengupload item/produk secara satu persatu dan memakan banyak waktu
  • Fitur search produknya seringkali membingungkan pengguna

Dari kekurangan dan kelebihan di atas, bisa Anda jadikan bahan pertimbangan untuk menggunakan WooCommerce atau tidak. 

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui semua hal mengenai WooCommerce, kini saatnya melihat seberapa penting kehadiran plugin ini di website Anda. WooCommerce adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis dan menaikkan conversion rate pada  bisnis Anda. Karena plugin ini gratis, Anda tentu akan menghemat lebih banyak biaya dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Demikian adalah ulasan lengkap mengenai WooCommerce dari pengertian hingga kelebihan dan kekurangannya, dari Badr Interactive. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Share the article

Grow Your Knowledge

About Software Development with Our Free Guidebook

Grow Your Knowledge

About Software Development with Our Guidebook

You dream it.

We build it!

We provide several bonuses FOR FREE to help you in making decisions to develop your own system/application.

  • Risk Free Development Trial 
  • Zero Requirement and Consultation Cost 
  • Free Website/Mobile Audit Performance

Our Services

Software Development • Quality Assurance • Big Data Solution • Infrastructure • IT Training

You might also like

Automated Testing VS Manual Testing 

Pentingnya Functional Testing dalam Software Development 

Penerapan ETL pada Big Data: Apa itu ETL, Jenis-jenisnya, dan Bagaimana Cara Kerjanya

Silakan isi data di bawah sebelum mendownload file.

Silakan isi data di bawah sebelum mendownload file.

Signup for Free Software Development Guidebook: Input Email. Submit me.