Apa itu Google Domain? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Menjalankan sebuah bisnis secara online tentu memerlukan berbagai strategi dan juga persiapan yang bisa Anda lakukan. Untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan sesuai, Anda perlu menyiapkan keberadaan online dari bisnis yang dijalankan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat website khusus untuk mempromosikan bisnis Anda dan juga mencantumkan informasi mengenai produk. Dari sekian banyak penyedia layanan domain website, Anda bisa mencoba layanan Google Domain yang sedang populer. Google Domain adalah fitur baru yang dirilis oleh Google untuk mempermudah pemilik bisnis dalam mewujudkan website impian mereka.

Ingin tahu lebih dalam mengenai Google Domain? Yuk simak informasi dari Badr Interactive berikut ini!

Pengertian

Google Domain adalah sebuah layanan pendaftaran domain yang dibuat oleh Google, dan secara resmi telah rilis pada tahun 2015 dengan versi Beta. Google Domain membantu Anda untuk lebih mudah terkoneksi dengan berbagai layanan Google yang lainnya dan tersedia dalam berbagai jenis ekstensi seperti .com, .biz, .xyz, dll. Google Domain terbagi ke dalam beberapa kategori yang bisa Anda pilih seperti:

  • Seni & Desain
  • Perbankan & Keuangan
  • Komunitas & Olahraga
  • Pemasaran & Komunikasi
  • Pengembang & Teknologi
  • Layanan & Retail

Perlu Anda perhatikan jika Google Domain adalah layanan yang berbeda dengan penyedia domain lainnya, Google hanya menyediakan domain saja tanpa hosting. Jadi, Anda tetap memerlukan layanan hosting lainnya secara terpisah.

Kini muncul pertanyaan lainnya, “Apakah Google Domain gratis?” Google Domain adalah layanan berbayar yang disediakan oleh Google. Tak perlu khawatir, harga yang ditawarkan oleh Google pun relatif terjangkau untuk perusahaan, mulai dari 150 ribu per tahunnya.

Namun, perlu Anda ketahui jika Google Domain juga memiliki berbagai kekurangan dan kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan Anda saat memilih layanan domain. Google Domain memiliki berbagai fitur gratis yang akan menguntungkan penggunanya, seperti keamanan yang rapat dan terjamin dan juga akses ke layanan Google lainnya yang tentunya lebih mudah.

Untuk mempermudah Anda dalam memahami Google Domain, berikut ini adalah perbandingan antara Google Domain dengan penyedia domain lainnya!

Perbedaan Google Domain dengan Domain Lain

Jika Anda masih ragu-ragu untuk menggunakan Google Domain atau penyedia jasa lainnya, ini dia perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan Anda!

1. Cara Pembelian Lebih Kompleks

Tak bisa dipungkiri jika cara pembelian Google Domain adalah salah satu yang cukup kompleks. Anda perlu melakukan 6 langkah yang cukup panjang untuk akhirnya bisa membeli domain yang diinginkan. Hal ini dianggap cukup “Ribet” oleh banyak orang sehingga mereka cenderung menggunakan layanan domain lainnya daripada Google Domain. Anda juga harus mengisi sebuah data informasi yang cukup panjang dan rinci, sementara layanan domain lain Anda bisa login menggunakan akun Google, Facebook, dan lainnya.

2. Harga Ekstensi Lebih Mahal

Google Domain adalah salah satu penyedia domain yang cukup mahal, terutama untuk bisnis baru maupun perseorangan. Harga termurah yang ditawarkan oleh Google Domain saat ini adalah 160-830 ribu pertahun. Hal ini tentu cukup mahal dibanding beberapa penyedia layanan domain lainnya yang menawarkan harga mulai 20 ribuan saja dengan berbagai paket yang bisa Anda bayarkan secara bulanan ataupun per tahun dengan pilihan domain yang tidak jauh berbeda. 

3. Tidak Tersedia Hosting

Perbedaan penyedia domain lain dengan Google Domain adalah ketersediaan hosting pada layanannya. Google tidak menyediakan layanan hosting dan mengharuskan penggunanya untuk membeli layanan hosting sendiri secara terpisah. Hal ini tentu akan menambah biaya yang lebih mahal untuk operasional bisnis online Anda.

Perlu Anda ketahui, jika layanan yang diluncurkan oleh Google tidak selalu bertahan lama di pasarnya. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam memilih layanan domain mana yang paling sesuai dengan budget dan juga kebutuhan website Anda.

Kelebihan Google Domain

Lalu, apa saja kelebihan dari Google Domain? Ini dia penjelasannya!

1. Email & Domain Forwarding

Keunggulan yang disukai pengguna dari Google Domain adalah Anda bisa membuat 100 ekstensi nama email yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini tentu cukup menguntungkan jika perusahaan yang Anda miliki sudah cukup besar dan memiliki banyak divisi. Tak hanya itu saja, Google juga menyediakan fitur Domain Forwarding yang membantu Anda dalam mengarahkan alamat domain yang lama ke alamat domain baru.

2. Mengatur Top Level Domain (TLD)

Google Domain adalah layanan yang memudahkan Anda dalam mengatur Top Level Domain yang akan digunakan. Anda bisa bebas menentukan akhiran domain apa yang ingin diutamakan, apakah (.com), (.co), (.io), dan sebagainya. Pastikan untuk memilih domain yang sesuai dengan bisnis yang Anda miliki dan juga keperluan komersil apa yang ingin dicapai.

3. User Interface yang Mudah

Sama dengan layanan Google pada umumnya, Google Domain akan mempermudah Anda untuk melakukan registrasi akun yaitu dengan akun Google saja. Anda bisa melihat bagaimana tampilan dashboard yang ada pada Google Domain, tampilan ini mempermudah siapapun untuk bisa melakukan transaksi untuk membeli domain. Tampilan interface ini menjadi salah satu keunggulan dari Google Domain yang diakui oleh banyak orang.

4. Perlindungan Privasi dan Keamanan Gratis

Kelebihan lain dari Google Domain adalah terdapat perlindungan privasi serta keamanan yang tentunya memiliki kerapatan yang tinggi. Layanan Google Domain yang satu ini sudah termasuk ke dalam biaya pembelian domain Anda. Berbeda jika Anda membeli domain di penyedia layanan lainnya dan biasanya Anda juga harus menyiapkan biaya berbeda untuk memperkuat sistem keamanan serta privasi.

5. Terintegrasi Otomatis ke Produk Google Lainnya

Kemudahan terakhir yang bisa Anda dapatkan dari Google Domain adalah langsung terkoneksi oleh berbagai produk Google lainnya seperti Search Console, Google App Engine, Cloud Run, dan sebagainya. Hal ini tentu akan mempermudah Anda dalam mengumpulkan data yang ada di website Anda dengan akurat dan real-time. Google akan secara otomatis melakukan verifikasi pada akun Anda ke layanan yang Anda inginkan dan tidak lama kemudian Anda sudah bisa menggunakan layanan tersebut tanpa mengeluarkan biaya, waktu, dan juga tenaga.

Kekurangan Google Domain

Kini Anda juga harus mengetahui beberapa kekurangan dari layanan Google Domain, ini dia penjelasannya:

1. Harganya Relatif Mahal

Google Domain adalah layanan yang memiliki harga cukup mahal untuk setiap jenis domainnya. Meskipun mahal, harga yang ditawarkan Google ini termasuk sebuah penawaran yang transparan dan juga sebanding dengan fasilitas yang pengguna akan dapatkan nantinya. Google Domain cocok digunakan untuk perusahaan yang besar dan sudah cukup stabil.

2. Pilihan Ekstensi Sedikit

Google Domain menyediakan jumlah domain lebih sedikit daripada penyedia layanan lainnya. Total domain yang ditawarkan oleh Google Domain saat ini adalah +60 jenis domain saja. Namun meskipun sedikit, semua domain yang digunakan oleh Google sudah bisa dipastikan segi keamanan dan juga perlindungan privasi yang dimiliki.

Cara Daftar Google Domain

Jika Anda tertarik untuk membeli domain di Google, berikut ini adalah tutorial untuk daftar Google Domain:

  1. Login Email Google
google domain adalah

Langkah pertama untuk membeli domain di Google Domain adalah melakukan login menggunakan akun email Google yang sudah Anda miliki.

  1. Tulis Nama Domain yang Diinginkan
google domain adalah

Tuliskan nama domain apa yang Anda inginkan. Pastikan nama domain yang dipilih bisa menggambarkan jelas baik segi perusahaan dan juga produk bisnis yang dijual. Untuk membuat nama domain ini disarankan untuk tidak mengandung terlalu banyak jumlah kata ataupun karakter lainnya seperti angka untuk mempermudah audiens menemukan bisnis Anda.

  1. Pilih Ekstensi Domain Anda
google domain adalah

Langkah berikutnya adalah memilih ekstensi domain yang sesuai. Google Domain biasanya memberikan beberapa saran ekstensi domain apa yang cukup aman untuk bisnis Anda. Namun hal ini kembali pada kebutuhan bisnis Anda dan juga jangkauan audiens yang ingin Anda dapatkan.

  1. Checkout
google domain adalah

Kemudian, Anda bisa langsung melakukan transaksi pembayaran untuk domain yang sudah Anda pilih sebelumnya. Anda bisa klik ikon keranjang pada ekstensi domain yang dipilih kemudian klik Check out.

  1. Isi Data Diri
google domain adalah

Jangan lupa untuk mengisi data diri Anda secara lengkap dan sesuai. Pastikan juga tidak ada kesalahan penulisan baik huruf maupun angka dalam menulis data informasi tersebut.

  1. Lakukan Pembayaran
google domain adalah

Langkah terakhir adalah dengan melakukan pembayaran dengan metode yang sudah tersedia baik menggunakan debit dan kredit.

Tips Memilih Domain

Jika Anda masih belum menentukan nama domain apa yang tepat untuk bisnis Anda, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih domain website:

1. Gunakan Nama Domain Singkat

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih domain adalah gunakan nama domain yang singkat saja. Hal ini bertujuan agar website Anda lebih mudah diingat ataupun dieja saat konsumen ingin mencari tahu produk Anda. Tujuan lain dari nama domain yang singkat adalah agar mempermudah branding bisnis atau produk yang akan dilakukan.

2. Pilih Domain yang Unik dan Sesuai dengan Bisnis

Pastikan Anda memilih domain yang sesuai dengan bisnis atau nama perusahaan yang dijalankan. Sebelum menentukan domain, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu apakah nama domain yang diinginkan sudah dipakai atau belum pernah ada yang menggunakan sebelumnya. Semakin unik nama domain yang dibuat, maka semakin mudah audiens untuk menemukan bisnis Anda.

3. Hindari Tanda Hubung dan Huruf Ganda

Tips terakhir dalam memilih nama domain Anda adalah menghindari penggunaan tanda hubung dan juga ejaan huruf ganda. Hal ini akan memicu terjadinya kesalahan dalam pengetikan ataupun salah eja. Selain itu, dua hal tersebut akan memperlama waktu bagi audiens untuk menemukan website Anda.

Kesimpulan

Google Domain adalah layanan yang mempermudah Anda untuk bisa menjalankan bisnis secara online. Layanan Google yang satu ini pun menjadi salah satu penyedia layanan terbaik dan telah dipercaya oleh berbagai perusahaan besar. Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan Google Domain, sesuai dengan kebutuhan dan juga kapasitas perusahaan Anda. 

Kemudahan akses pada produk Google lainnya, tentu menjadi salah satu faktor penting yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Meskipun harga yang ditawarkan Google cukup kompetitif, Anda juga bisa menggunakan kode voucher agar mendapatkan harga domain yang lebih murah. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakan Google Domain dalam bisnis Anda?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

100+ companies have collaboration with Badr Interactive

For more than 10 years, we have developed 300+ websites/apps for our various clients. Let’s join and create the best system for your company

Other Insight

Grow Your Knowledge About Software Development with Software Development Guidebook

You Dream It, We Build It

Our Services

We provide several bonuses FOR FREE to help you in making decisions to develop your own system/application:

  • Risk Free Development Trial
  • Zero Requirement and Consultation Cost
  • Free Website/Mobile Audit Performance