Aplikasi Point of Sale (POS) telah menjadi tools penting dalam operasional di bisnis modern saat ini. Dengan menggunakan aplikasi ini, bisnis bisa mencatat transaksi, mengelola inventaris, hingga menganalisis penjualan dengan lebih mudah dan efisien.
Selain itu, aplikasi POS juga membantu efisiensi operasional dan pengelolaan bisnis secara keseluruhan. Namun, membuat aplikasi POS dengan fitur-fitur di dalamnya, sebaiknya tak dilakukan sembarangan karena harus ditentukan sesuai kebutuhan.
Berikut ini fitur aplikasi yang harus ada di aplikasi POS.
Fitur Penting yang Harus Ada di Aplikasi POS
1. Fitur pencatatan transaksi secara real-time
Aplikasi POS harus mampu mencatat setiap transaksi secara instan dan akurat. Fitur ini penting untuk memastikan tidak ada data yang hilang, terutama saat menghadapi transaksi yang tinggi. Dengan pencatatan real-time, pemilik bisnis dapat langsung memantau pendapatan harian dan menganalisis performa penjualan.
2. Dukungan pembayaran multichannel
Kemudahan pembayaran menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Aplikasi POS yang mendukung berbagai metode pembayaran, seperti tunai, debit, QRIS, kartu kredit, hingga e-wallet, dapat memberikan fleksibilitas bagi pelanggan. Metode pembayaran multichannel juga mempercepat proses transaksi.
3. Fitur pemantauan stok barang
Fitur ini memungkinkan bisnis untuk memantau stok barang secara real-time, sehingga memudahkan pengelolaan inventaris. Dengan adanya notifikasi stok yang sudah akan habis, tim bisa mencegah kekurangan barang yang dapat mengganggu operasional. Lewat fitur ini, tim juga bisa segera mengadakan barang sekaligus memantau proses pembelian hingga penerimaan stok.
4. Dashboard laporan penjualan
Salah satu fitur penting yang harus ada di aplikasi POS adalah dashboard penjualan haria, mingguan, dan bulanan. Melalui fitur ini, pemilik bisnis dapat memantau performa penjualan secara menyeluruh.
Pastikan fitur ini menyajikan informasi dalam bentuk visual, seperti grafik atau diagram untuk memudahkan Anda membuat analisis. Aplikasi POS yang baik dapat memberikan informasi mendalam tentang produk apa saja yang paling laris dan kurang laku.
5. Integrasi dengan platform lain
Dukungan untuk printer struk, barcode scanner, dan tools lainnya
Fitur lainnya, aplikasi POS seharusnya bisa terintegrasi dengan tools lainnya, seperti printer struk, barcode scanner, dan lainnya.
Bahkan, aplikasi POS yang dapat terhubung dengan sistem lain seperti akuntansi atau platform e-commerce akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis.
6. Fitur Keamanan
Keamanan data sangat penting dalam aplikasi POS. Fitur autentikasi memastikan hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses data penting.
Pastikan juga ada fitur backup data otomatis. Hal ini memberikan perlindungan terhadap kehilangan data akibat gangguan teknis atau kesalahan yang mungkin terjadi. Data yang sudah di-backup secara otomatis akan membuat bisnis tetap berjalan meskipun terjadi masalah.
7. Manajemen karyawan
Bayangkan jika Anda punya puluhan atau bahkan ratusan karyawan yang tersebar di banyak cabang. Tentu saja, perusahaan harus mencatat jam kerja dan pembagian shift.
Namun, aplikasi POS yang dilengkapi dengan fitur manajemen karyawan akan membantu perusahaan mengelola operasional harian. Anda dapat mengevaluasi kinerja karyawan secara objektif berdasarkan data yang ada.
8. Sistem loyalty program
Salah satu cara memikat pelanggan bisa melalui promo atau diskon. Sistem loyalty program melalui pemberian poin atau diskon khusus, bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Jadi pastikan fitur ini ada di dalam aplikasi POS Anda.
9. Fitur history pelanggan
Fitur terakhir yang tak kalah penting adalah fitur history pelanggan. Fitur ini tidak bertujuan untuk menyalahgunakan data pelanggan, tetapi digunakans sebagai database yang memudahkan Anda mencari riwayat pembelian.
Hal ini memungkinkan Anda menampilkan menu-menu berdasarkan riwayat pembelian yang telah tersimpan. Bahkan, data pelanggan bisa digunakan untuk memberikan kupon voucher saat mereka ulang tahun.
Aplikasi POS Mempermudah Proses Transaksi di Outlet Martabak Orins
Salah satu contoh yang sudah menerapkan aplikasi POS adalah Martabak Orins. Sebagai perusahaan dengan bisnis kuliner yang menyajikan banyak menu dan tersebar di lebih dari 110 gerai di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Semarang, Martabak Orins membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan di semua outlet.
Aplikasi Point of Sales (POS) digunakan Orins untuk merekap seluruh transaksi, mendeteksi kecurangan, dan membuat perencanaan strategis berdasarkan kondisi masing-masing outlet.
Untuk memberikan solusi dari problem yang ada, Badr Interactive membantu Orins melalui aplikasi POS dengan fitur utama buka sesi toko, melihat riwayat transaksi, memilih produk, menentukan jenis pesanan (takeout, delivery, Go Food, atau Grab Food), hingga mencetak tanda terima dengan printer thermal Bluetooth.
Dengan transaksi mereka yang saat ini mencapai 5.000 penjualan setiap harinya, kami membantu mereka membuat sistem POS di website dan aplikasi Android untuk meningkatkan efisiensi proses manajemen pesanan, dari ideation, design, implementation, support, dan, infrastructure.
Kesimpulan
Memilih aplikasi POS dengan fitur yang lengkap adalah investasi strategis untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Fitur-fitur seperti manajemen penjualan, dashboard dan analytics, hingga keamanan data memberikan poin plus yang signifikan dalam operasional harian bisnis.
Badr Interactive menawarkan layanan pengembangan aplikasi POS yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan pengalaman dalam layanan software development, kami dapat membantu menciptakan solusi yang mendukung efisiensi dan pertumbuhan bisnis Anda.
Hubungi kami untuk mendiskusikan kebutuhan Anda dan mulai langkah menuju transformasi digital yang lebih baik. Anda juga bisa lengkapi form di bawah ini untuk konsultasi gratis bersama tim kami.
Need the Right Digital Solution for Your Business?
We’re here to help you design the best digital solutions tailored to your business needs.