15 Daftar Aplikasi Kecerdasan Buatan yang Wajib Anda Ketahui!

Sudah menjadi rahasia umum apabila pesatnya perkembangan teknologi pada 5 tahun belakangan ini sangat drastis. Kini kita semua telah tiba di masa ketika sebelum hingga bangun tidur, kita selalu membutuhkan dan berdampingan erat dengan berbagai jenis teknologi. 

Kemunculan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan menjadi sebuah inovasi baru dalam teknologi. Saat ini sistem AI dikembangkan menjadi sebuah sistem yang akan membantu manusia dari segala aspek mulai dari bisnis, financial, hingga menjadi asisten pribadi.

Semenjak gemparnya platform Chat GPT yang dibuat oleh Elon Musk, banyak masyarakat yang awalnya awam dengan teknologi kecerdasan buatan kini merasa bahwa hal ini menjadi sebuah ancaman. Banyak orang memprediksi jika masa depan sebuah Artificial Intelligence diharapkan bisa membantu setiap pekerjaan kita di berbagai sektor industri.

Pada awal kemunculan Artificial Intelligence, banyak orang menduga bahwa profesi pertama yang akan tersingkirkan oleh AI adalah pada sektor keuangan. Kenyataannya saat ini, Artificial Intelligence justru mampu mengerjakan berbagai pekerjaan kreatif seperti copywriter, customer service, translator, dan sejenisnya.

Di artikel kali ini, kita akan mencari tahu apa saja daftar aplikasi kecerdasan buatan terbaru dan juga jenis-jenisnya, yuk simak informasinya berikut ini!

Jenis-Jenis Kecerdasan Buatan

Ilustasi oleh Freepik

Ini dia 7 tipe kecerdasan buatan yang wajib Anda ketahui!

1. Theory of Mind

Banyak ahli yang memprediksi jenis kecerdasan “Theory of Mind” ini suatu saat akan digunakan oleh masyarakat dalam aktivitas sehari-hari. Jenis teknologi ini mampu mengolah emosi dan mengumpulkan berbagai data mengenai interaksi dengan manusia. 

Meskipun saat ini masih belum dibicarakan secara umum, jenis kecerdasan buatan ini nantinya diharapkan bisa membuat keputusan yang sesuai dengan emosi yang ditangkap atau diterima.

Apakah Anda pernah mendengar mengenai sosok “Sophia” yang merupakan robot ciptaan sebuah perusahaan di Hong Kong bernama Hanson Robotics. Kita semua pasti ingat pada tahun 2015 robot ini pertama kali diaktifkan dan dibekali berbagai jenis keahlian.

Hanson Robotics memasukkan kecerdasan buatan pada Sophia yaitu untuk pengolahan data visual serta pengenalan wajah. Robot ini juga dibekali dengan pengenalan suara dari Alphabet Inc yang menjadikannya semakin pintar jika terus menerus dilatih.

Sophia tentu hanya satu dari sekian banyak hal baru yang disebabkan oleh adanya teknologi kecerdasan buatan saat ini.

2. Self Aware

Hampir sama dengan jenis sebelumnya, Self Aware adalah tipe kecerdasan buatan tingkat tinggi karena memiliki kesadaran yang tinggi mengenai perasaan diri sendiri dan mengolahnya menjadi sebuah data,

Mesin akan menyimpulkan hal apa yang akan dilakukan selanjutnya setelah menghimpun data yang ada di sekelilingnya, sehingga bisa membuat keputusan yang tepat.

Meskipun saat ini masih belum terdengar ciptaan yang menggunakan jenis ini, bukan berarti kita tidak dapat melihatnya langsung suatu saat. Teknologi kecerdasan adalah sebuah inovasi dan sistem yang terus berubah dan berkembang setiap saatnya.

3. Limited Memory

Anda pasti sudah tidak asing dengan kendaraan Tesla yang merupakan produk dari perusahaan Elon Musk. Tesla dikenal sebagai mobil yang memiliki berbagai jenis keunggulan dan fitur canggih dengan harga selangit.

Tahukah Anda jika Tesla dibekali dengan sebuah teknologi kecerdasan buatan yang bernama Limited Memory. Salah satu penerapan dari jenis AI ini adalah pada sistem “Self Driving” yang menjadi salah satu fitur unggulan di Tesla.

Fitur ini memungkinkan sistem mengambil alih kemudi, sehingga Anda bisa memonitor melalui layar yang tersedia. Teknologi ini pun disambut baik oleh beberapa orang, namun banyak juga yang mengecam teknologi ini karena dianggap terlalu membahayakan pengemudi.

Tipe Limited Memory ini memungkinkan sebuah sistem untuk menentukan langkah selanjutnya atau masa depan produknya. Setiap keputusan dan pengalaman baru yang didapatkan sistem ini, ia akan menyimpannya ke dalam database untuk diolah kembali.

4. Reactive Machine

Reactive Machine merupakan salah satu tipe kecerdasan buatan yang paling dasar. Secara sederhana dapat diartikan bahwa jenis kecerdasan buatan ini akan mengidentifikasi serta merespon secara otomatis berbagai situasi.

Contoh yang bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari dari penggunaan Reactive Machine ini adalah pada permainan yang memiliki player bot ataupun autoplay oleh komputer seperti Catur dan sejenisnya.

Mereka bisa dengan mudah menentukan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya dan mampu mempelajari taktik apa yang digunakan oleh lawannya.

5. Artificial General Intelligence (AGI)

Tipe Artificial General Intelligence biasanya digunakan agar sistem AI mampu berperilaku dan memiliki pola pikir layaknya manusia. Sama dengan apa yang ada pada Robot Sophia, tipe Ai ini digunakan juga pada Robot Humanoid milik Elon Musk yang bernama Tesla Bot.

Banyak ahli berharap akan ada lebih banyak robot dengan kemampuan layaknya manusia cerdas yang nantinya akan mempermudah pekerjaan kita. Tesla Bot ini diajarkan untuk menjadi seorang Personal Asisten yang membantu pekerjaan manusia setiap hari, dari tugas satu ke tugas lainnya secara teratur.

Robot ini saat ini juga dilatih untuk melakukan beberapa aktivitas lainnya seperti berbelanja ke supermarket, menari, dan hal lainnya. Elon Musk sendiri optimis bahwa robot miliknya akan menjadi seorang asisten yang capable membantu manusia dalam berbagai aspek. Hmm…. Bagaimana menurut Anda?

6. Artificial Narrow Intelligence (ANI)

Kita beralih ke tipe kecerdasan buatan yang selanjutnya yaitu Artificial Narrow Intelligence. Tipe AI yang ini sudah kita gunakan pada beberapa fitur yang ada di gawai seperti Voice Recognition, Chatbot, hingga Face ID.

Tipe AI yang satu ini cenderung dilatih terus menerus hanya pada satu program saja. Sehingga setiap kompetensi dari kecerdasan buatan ini memiliki fungsi yang sangat spesifik dan memiliki cara kerja yang berbeda dibanding jenis AI lainnya.

7. Artificial Super Intelligence (ASI)

Jenis terakhir dari kecerdasan buatan adalah Artificial Superintelligence (ASI). Bisa dikatakan bahwa tipe AI yang satu ini adalah versi lebih sempurna dari tipe yang sebelumnya. Perbedaan terbesar pada tipe ini terletak pada kapasitas memori yang lebih besar dan juga mampu menjadi ancaman baru untuk manusia.

Banyak ahli memprediksi bahwa tipe AI ini bisa dilatih hingga menjadi berkali-kali lipat pintarnya dari manusia dan bukannya menjadi asisten yang membantu, tipe AI ini berpotensi untuk sebaliknya.

15 Daftar Aplikasi Kecerdasan Buatan yang Terbaru!

Ini dia 15 daftar aplikasi kecerdasan buatan yang bisa Anda gunakan sehari-hari!

1. JADBio – AutoML

JADBio

Daftar aplikasi kecerdasan buatan yang pertama adalah JADBio yang dikembangkan oleh JADBio & Gnosis Data Analysis. JADBio adalah media Machine Learning yang memudahkan para pengguna yang masih awam dan tidak paham mengenai coding yang dilengkapi dengan extraction tools. Platform ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mendalami machine learning, atau predictive-model. Anda bisa membuat akun gratis yang berlaku seumur hidup dengan menautkan ke akun media sosial Anda seperti Facebook, Gmail, atau Twitter.

2. Copy.ai – Copywriter

Copy.ai

Pilihan selanjutnya mengenai daftar aplikasi kecerdasan buatan yang bisa Anda coba adalah Copy.ai. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menulis berbagai materi seperti iklan, media sosial, website, surat, dan berbagai jenis lainnya. Fitur AI yang ada di aplikasi ini mempermudah Anda terhindar dari writer-block sehingga akan meningkatkan produktivitas pekerjaan. Untuk menggunakannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu memberikan instruksi dan secara otomatis Copy.ai akan menyediakan berbagai pilihan alternatifnya.

3. GFP-GAN – Photo Restoration

GFP-GAN

GFP-GAN adalah daftar aplikasi kecerdasan buatan yang ketiga dan memiliki fungsi untuk mengembalikan foto-foto lama Anda agar memiliki kualitas yang lebih baik. Anda bisa mengunggah foto yang sudah lama ataupun rusak dan secara otomatis akan diperbaiki oleh AI yang ada dengan sedetail mungkin.

GFP-GAN tentu sangat membantu untuk Anda yang memiliki banyak koleksi foto-foto lama dan ingin mengenang kembali kenangan di dalam foto itu. Untuk mengakses aplikasi kecerdasan buatan ini pun sangat mudah dan tidak perlu untuk membuat akun.

4. DALL-E 2 – Image Creator

DALL-E 2

Anda pasti sudah familiar mengenai salah satu daftar aplikasi kecerdasan buatan yang satu ini? DALL-E2 adalah sebuah tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat gambar dan seni realistis hanya dengan menggunakan deskripsi kata-kata. 

Pada awal kemunculan DALL-E2 ini sempat menggemparkan banyak orang karena kecanggihan AI yang membuat berbagai jenis gambar yang sangat detail dan sesuai dengan apa yang dideskripsikan. Anda bisa mengaksesnya sepanjang waktu dan gratis! Tools ini akan menjadi inspirasi baru bagi Anda yang suka menggambar ataupun membutuhkan gambar orisinil untuk digunakan secara komersial.

5. Lumen5 – Video Creator

Lumen5

Pernah terbayangkan mengenai AI yang membantu Anda untuk membuat video dalam hitungan menit? Lumen5 adalah platform pembuatan video online dengan alat yang memungkinkan Anda membuat video dengan mudah dalam beberapa langkah. Aplikasi ini bisa menjadi untuk Anda para pengiklan yang membutuhkan berbagai jenis video dalam waktu cepat, sehingga mampu untuk membantu mendongkrak penjualan.

6. Notion.ai – Copywriter

Notion

Notion adalah daftar aplikasi kecerdasan buatan selanjutnya yang membantu Anda dalam mengorganisir pekerjaan dalam sebuah tim. Notion juga terintegrasi langsung ke beberapa aplikasi lain seperti Slack, GitHub, dan sejenisnya sehingga bisa meningkatkan produktivitas saat bekerja.

Notion.ai

Aplikasi kecerdasan buatan ini sekarang memiliki sebuah fitur baru bernama Notion.ai yang membantu Anda pada bidang copywriting. Notion.ai memilki opsi bantuan seperti mengoreksi pengejaan di berbagai bahasa, membuat sebuah kalimat menjadi lebih panjang/pendek, membantu Anda saat brainstorming, hingga membuat konten untuk media sosial.

7. Lalal.ai – Audio Stem Splitter

Lalal.ai

Lalal.ai merupakan daftar aplikasi kecerdasan buatan berikutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk untuk menghilangkan vokal dan melakukan pemisahan sumber musik dengan cepat, mudah, dan sangat tepat. Anda dapat menghapus trek vokal, instrumental, drum, bass, piano, gitar listrik, gitar akustik, dan synthesizer tanpa kehilangan kualitas dari sumber musik asalnya.

Aplikasi ini memudahkan Anda para video editor untuk melakukan pekerjaan jadi lebih cepat. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda perlu melakukan subscribe dengan nominal sebesar 15 Euro atau sekitar Rp 250.000 dan mendapatkan 90 menit jumlah maksimal musik yang diedit.

8. Chat GPT – Chatbot

Chat GPT

Beberapa waktu belakangan ini banyak orang digemparkan dengan sebuah chatbot bernama ChatGPT yang dibuat oleh salah satu perusahaan Elon Musk. Aplikasi ini mampu menjawab berbagai pertanyaan Anda dan bisa dimanfaatkan sebagai asisten yang akan memudahkan pekerjaan Anda dalam brainstorming hingga copywriting.

ChatGPT menjadi salah satu daftar aplikasi kecerdasan buatan yang berhasil mendapatkan jumlah 1 juta pengguna hanya dalam waktu 5 hari. Hal ini tentu membuat kaget banyak orang, karena aplikasi seperti Instagram memerlukan waktu lebih dari 1 bulan untuk mendapatkan 1 juta pengguna pertamanya.

9. TensorFlow – Software Development

TensorFlow

TensorFlow masuk ke dalam daftar aplikasi kecerdasan berikutnya yang akan membantu Anda dalam bidang software development. TensorFlow mampu mengintegrasikan Javascript dan dapat membantu pengembang dengan mudah membangun dan melatih model machine learning agar sesuai dengan kebutuhan bisnis spesifik perusahaan mereka. Beberapa perusahaan yang mengandalkan layanan dari TensorFlow saat ini adalah Airbnb, Google, Intel, dan Twitter.

10. Outmatch – Recruiting

Outmatch

Outmatch merupakan tools AI yang bisa membantu Anda dalam bidang rekrutmen tenaga kerja. Dengan bantuan Outmatch, pengguna dapat mengotomatiskan pemeriksaan latar belakang kandidat, penjadwalan wawancara, dan penyaringan perilaku dan kognitif kandidat.

Outmatch merupakan tools yang akan membantu secara end-to-end dengan AI yang akan meningkatkan efisiensi waktu kerja dari tim HR untuk bisa mendapatkan kandidat yang sesuai dan pastinya tepat.

11. Tableau — Business Intelligence

Tableau

Pilihan daftar tools AI berikutnya adalah Tableau yang membantu Anda dalam membangun strategi bisnis hingga menyusun campaign. Tableau adalah platform perangkat lunak visualisasi data yang dengannya perusahaan dapat membuat prakiraan bagaimana sebuah industri akan berkembang di masa depan dan membentuk strategi bisnis yang sesuai.

AI yang ada di Tableau juga memberikan fitur analitik tambahan membantu pengguna mendapatkan akses lebih mudah untuk bisa mendapatkan data lebih cepat. Teknologi ini tentu sangat efektif daripada Anda menggunakan metode manual yang pastinya akan memakan banyak waktu.

12. Oracle AI – Software Development

Oracle AI

Oracle AI adalah tools  yang didesain untuk meringankan pekerjaan tim engineer & designer dalam proses pengembangan aplikasi. Oracle AI menggunakan prinsip machine learning untuk menganalisis feedback dari pelanggan dan membuat predictive model yang akurat berdasarkan data yang diekstraksi. Platform ini juga menawarkan fitur chatbot yang mampu mengevaluasi kebutuhan pelanggan dan menghubungkan mereka dengan resource atau support yang sesuai.

13. Gong.io – Sales

Gong.io

Gong.io adalah platform penjualan berbasis AI yang dapat digunakan perusahaan untuk menganalisis interaksi pelanggan, memperkirakan transaksi di masa mendatang, dan memvisualisasikan alur penjualan. Aplikasi ini memberikan transparansi untuk semua transaksi, omzet, dan juga karakteristik pelanggannya. Tentu hal ini akan memudahkan Anda yang ingin menentukan strategi bisnis untuk mendongkrak penjualan dengan membaca hasil report dari tools yang satu ini.

14. Theano – Code Development

Theano

Dirancang khusus untuk integrasi secara langsung dengan Python, Theano adalah perpustakaan bertenaga AI yang dapat digunakan pengembang untuk mengembangkan, mengoptimalkan, dan berhasil meluncurkan code project. Theano dapat secara mandiri mendiagnosis dan menyelesaikan bug atau malfungsi yang ada pada sistem dengan membutuhkan sedikit saja external support.

15. Zia by Zoho – Business Intelligence

Zia by Zoho

Zia adalah tools yang membantu Anda dalam meningkatkan pola penjualan pelanggan, jadwal klien, dan pola alur kerja untuk membantu karyawan di setiap tim meningkatkan produktivitas. Tools ini memiliki berbagai fitur seperti analytics hingga pembuatan invoices yang membuat Anda tidak butuh tools tambahan lainnya.

Itulah 15 daftar aplikasi kecerdasan buatan yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email

100+ companies have collaboration with Badr Interactive

For more than 10 years, we have developed 300+ websites/apps for our various clients. Let’s join and create the best system for your company

Other Insight

Grow Your Knowledge About Software Development with Software Development Guidebook

You Dream It, We Build It

Our Services

We provide several bonuses FOR FREE to help you in making decisions to develop your own system/application:

  • Risk Free Development Trial
  • Zero Requirement and Consultation Cost
  • Free Website/Mobile Audit Performance