Mengenal Object Storage: Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya

Semakin gencarnya proses digitalisasi saat ini, menuntut semua perusahaan dari segala bidang industri harus siap untuk mempersiapkan semua hal salah satunya adalah teknologi penyimpanan data. Saat ini, kebutuhan akan penyimpanan data menjadi hal yang penting baik untuk perseorangan hingga perusahaan, sehingga teknologi pun berkembang dari penyimpanan konvensional hingga menggunakan cloud server. Object Storage adalah salah satu teknologi yang saat ini menjadi solusi yang efektif bagi perusahaan.

Garis besarnya, Object Storage adalah penyimpanan online yang bisa Anda gunakan untuk berbagai jenis data. Ingin tahu lebih dalam mengenai Object Storage? Ini dia penjelasan selengkapnya mengenai Object Storage dari Badr Interactive!

Pengertian

Object Storage adalah teknologi arsitektur penyimpanan data yang bisa berbentuk gambar, video, dokumen, file HTML, data sensor, ataupun file statis lainya. Penyimpanan yang satu ini bahkan bisa menyimpan data hingga skala skala exabytes dan tergolong dalam salah satu teknologi yang ada di Cloud Computing. Berbeda dengan Block Storage ataupun File Storage, Object Storage menyimpan semua jenis data yang masuk ke dalam tempat yang sama. Jenis penyimpanan ini dirancang untuk menyimpan data dalam bentuk objek.

Object Storage adalah solusi bagi perusahaan yang memiliki kebutuhan akan ruang penyimpanan yang berskala besar. Belum lagi pertumbuhan data yang signifikan bagi setiap perusahaan membuat banyak yang belum memiliki persiapan dengan jumlah data ini, sehingga Object Storage adalah pilihan paling efisien dan efektif untuk Anda. Daripada Anda menyimpannya dalam sebuah database berbentuk Binary, Anda bisa menyimpan berkas-berkas tersebut di dalam Object Storage.

Secara sederhananya, Object Storage diibaratkan dengan sebuah wadah yang bisa menampung semua jenis data yang ingin Anda simpan, tanpa folder ataupun hierarki pada file. Tapi Anda tak perlu khawatir, Anda bisa dengan mudah mencari data-data yang diperlukan karena sudah terdapat catatan informasi atau metadata komprehensif dari setiap objek yang disimpan sehingga bisa mempermudah pencarian. Metadata inilah yang berfungsi untuk membedakan setiap file yang sudah Anda simpan.

Fungsi

Object Storage adalah hal yang sudah tidak asing terdengar di industri teknologi dan dikenal memiliki berbagai fungsi yang cocok untuk perusahaan besar. Berikut ini adalah beberapa fungsi Object Storage yang harus Anda ketahui:

1. Untuk Pengarsipan Data

Fungsi pertama dari Object Storage adalah sebagai media pengarsipan data dengan berbagai jenis file. Anda bisa menyimpan berbagai dokumen penting ataupun confidential yang dimiliki oleh perusahaan. Tak perlu khawatir, karena Object Storage  memiliki keamanan yang rapat dan juga bisa memudahkan Anda dalam mengakses data yang disimpan. 

Karena data disimpan secara online, Anda juga bisa fleksibel memberikan akses kepada siapa saja dan bisa membukanya kapan saja selama terkoneksi internet. Kehadiran Object Storage tentu akan semakin memudahkan, karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli perangkat keras lagi.

2. Melakukan Backup & Disaster Recovery

Semakin banyaknya serangan siber saat ini, menuntut setiap perusahaan untuk memberikan keamanan lebih terutama pada penyimpanan data mereka. Object Storage adalah teknologi penyimpanan yang memiliki fungsi untuk melakukan backup data  dan disaster recovery

Strategi backup pada Object Storage memungkinkan adanya penyimpanan data sekunder dalam waktu yang lama. Hal ini tentu akan membantu apabila terjadi human error ataupun terjadi serangan siber pada server perusahaan. Sistem yang ada di Object Storage menggunakan API sehingga akan mempermudah dalam melakukan backup data secara berkala, serta memiliki sistem disaster recovery yang sudah teruji.

3. Penyimpanan Data Tidak Terstruktur

Saat ini terdapat berbagai jenis data yang bisa Anda simpan dalam Object Storage, mulai dari dokumen hingga file pada sebuah website dan aplikasi. Data-data ini pun terbagi ke dalam 2 jenis yaitu data terstruktur dan data tidak terstruktur. Untuk mengatasi penyimpanan data tidak terstruktur (unstructured data), Anda bisa mengandalkan Object Storage sebagai media penyimpanan yang digunakan.

Object Storage adalah sebuah aset bagi perusahaan, terutama dalam penyimpanan jangka panjang. Hal ini dikarenakan Object Storage bisa menyimpan semua data tanpa perlu menggunakan hierarki ataupun Block Storage. Belum lagi jika sebuah perusahaan menggunakan Object Storage juga bisa menghemat biaya yang cukup besar.

Kelebihan Object Storage

object storage adalah
Foto oleh Unsplash

Setelah mengetahui apa saja fungsi yang ada di Object Storage, kini saatnya Anda juga mengetahui apa saja kelebihan utamanya dengan penjelasan di bawah ini!

1. Memiliki Kapasitas Besar

Object Storage adalah penyimpanan yang memiliki kapasitas ukuran yang besar. Jenis penyimpanan ini tidak menentukan jumlah tertentu, sehingga tidak ada batasan dalam jumlah data yang bisa Anda simpan. Object Storage membagi file menjadi sebuah objek yang berisi data, metadata, serta sebuah identifier yang unik. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan analisa data yang dimiliki serta menghemat resource pada server utama perusahaan.

2. Menghemat Biaya

Kelebihan lain dari Object Storage adalah bisa menghemat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Layanan Object Storage biasanya menggunakan sistem pembayaran dengan pay-as-you-go, hal ini berarti perusahaan akan membayar sesuai dengan kapasitas yang dipakai ataupun data transfer yang dilakukan. Jadi, perusahaan tidak perlu menggelontorkan biaya untuk melakukan investasi di awal penggunaan. Hal ini tentu akan menjadi sebuah langkah efektif dan efisien bagi setiap perusahaan yang menggunakan Object Storage secara jangka panjang.

3. Mudah Dikelola & Terintegrasi dengan Sistem

Object Storage dikenal sebagai penyimpanan yang mudah dikelola karena beberapa penyedia layanan ini menyediakan SDK (Software Development Kit) yang bisa diintegrasikan langsung di aplikasi ataupun website yang Anda miliki. Tak hanya itu saja, Object Storage adalah sistem yang tidak terlalu sulit, sehingga akan memudahkan pengguna dalam melakukan akses file yang ada di dalam Object Storage.

Object Storage juga tidak memiliki sistem hirarki dalam penyimpanannya, hal ini membuat tingkat kompleksitasnya cenderung rendah daripada jenis penyimpanan lainnya yang ada saat ini seperti Block Storage dan sejenisnya.

4. Skalabilitas Tinggi

Object Storage merupakan teknologi yang didesain untuk bisa mengikuti jumlah pertumbuhan data yang ada dalam jumlah yang tidak terbatas. Dalam kata lain, Object Storage adalah penyimpanan yang memiliki skalabilitas yang tinggi dan hal ini tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan yang saat ini memiliki perkembangan yang cukup pesat. Selain itu, Object Storage juga memiliki kompatibilitas yang tinggi pada sistem infrastruktur cloud, sehingga pengguna bisa lebih mudah dalam mengakses storage ini  dan hal ini akan berdampak besar pada produktivitas tim dalam perusahaan.

Kekurangan Object Storage

Ternyata Object Storage juga memiliki sebuah kelemahan yang menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. Object Storage adalah layanan yang dikenal dengan performa tidak terlalu bagus. Mengapa hal ini bisa terjadi? Meskipun kita bisa mendapatkan data file dengan cepat, Anda harus melakukan modifikasi pada objek yang dicari. Object Storage menampilkan file yang tersimpan seperti sebuah “Bundle”, sehingga Anda perlu mendownload objek tersebut dan memodifikasinya secara terpisah di PC atau perangkat lainnya.

Apabila file yang Anda simpan sering terjadi perubahan, maka Object Storage bukanlah pilihan yang tepat untuk permasalahan tersebut. Jenis layanan ini lebih cocok  pada jenis data yang statis dan juga jarang terjadi perubahan. Jadi, untuk melihat jenis layanan penyimpanan apa yang sebaiknya digunakan, Anda harus memahami dulu apa saja kebutuhan perusahaan akan penyimpanan tersebut karena setiap kondisi akan memiliki solusi yang berbeda-beda.

Cara Kerja Object Storage

Lalu, bagaimana cara kerja sebuah penyimpanan Object Storage yang sebenarnya? Object Storage adalah penyimpanan yang kosong karena tidak ada sistem hirarki file ataupun folder. Semua data yang tersimpan di dalam Object Storage akan memiliki sebuah metadata yang berisi informasi apa saja mengenai isi file tersebut, hal ini menjadi lebih efektif dan bisa menemukan file dengan lebih cepat.

Anda bisa mengakses Object Storage menggunakan API (Application Programming Interface), sehingga akan memudahkan Anda dalam menemukan data yang dicari. Jenis API yang digunakan RESTful API dengan basis HTTPS. Anda bisa mengakses semua data kapan saja, dimana saja, menggunakan berbagai device yang berbeda dengan sistem API ini.

Contoh Object Storage

Foto oleh Unsplash

Apakah Anda sudah mengetahui contoh penerapan Object Storage yang sudah digunakan oleh beberapa perusahaan besar? Ini dia beberapa contoh penerapan Object Storage yang bisa menjadi referensi Anda!

1. Spotify

Spotify adalah platform digital yang menyediakan berbagai musik dan juga produk audio yang bisa Anda dengar gratis. Penggunaan Object Storage yang ada di Spotify adalah pada penyimpanan data lagu dan juga audio yang ditayangkan. Spotify memiliki jutaan data yang tersimpan di dalam server mereka, Object Storage tentu menjadi pilihan yang tepat karena semua data yang tersimpan dengan sistem keamanan yang rapat.

2. Facebook

Facebook merupakan social media yang telah digunakan lebih dari 1 miliar pengguna dan menjadi platform yang terbesar di dunia. Sama halnya dengan Spotify, Facebook menggunakan Object Storage untuk menyimpan berbagai unggahan foto yang disimpan dalam server mereka.

3. Instagram

Instagram juga menggunakan Object Storage sebagai penyimpanan konten foto maupun video yang diunggah pada platform mereka. Object Storage dinilai efektif dan juga aman untuk menyimpan semua data user hingga confidential yang dimiliki Instagram.

Kesimpulan

Object Storage adalah teknologi yang diciptakan untuk mempermudah mobilitas berbagai perusahaan yang saat ini bergerak dalam bidang digital. Jumlah penyimpanannya yang tak terbatas membuat Object Storage menjadi pilihan yang tepat untuk perusahaan yang memiliki skalabilitas tinggi. 

Saat ini terdapat banyak penyedia layanan Object Storage yang bisa Anda gunakan dengan harga yang bisa menyesuaikan. Object Storage adalah layanan yang ideal untuk data-data arsip perusahaan ataupun data yang jarang diubah isinya, selain itu layanan ini juga bisa digunakan sebagai langkah optimasi pada aplikasi ataupun website perusahaan Anda.

Jadi, jangan ragu lagi untuk menggunakan Object Storage pada bisnis Anda, karena ini merupakan langkah yang tepat untuk mempersiapkan perusahaan di masa yang akan datang. Demikian adalah penjelasan mengenai Object Storage dari Badr Interactive, semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

100+ companies have collaboration with Badr Interactive

For more than 10 years, we have developed 300+ websites/apps for our various clients. Let’s join and create the best system for your company

Other Insight

Grow Your Knowledge About Software Development with Software Development Guidebook

You Dream It, We Build It

Our Services

We provide several bonuses FOR FREE to help you in making decisions to develop your own system/application:

  • Risk Free Development Trial
  • Zero Requirement and Consultation Cost
  • Free Website/Mobile Audit Performance