Lima Nilai Utama Scrum

Nilai utama scrum

Bagi kita yang baru mengenalnya, Scrum itu abstrak. Dalam tulisan ini, kita akan membahas lima nilai utama scrum. Sebagai sebuah kerangka kerja, Scrum tidak hanya memiliki sekumpulan praktik untuk dilakukan, melainkan juga nilai – nilai yang melandasi pelaksanaan praktiknya. Nilai – nilai tersebut menjiwai bagaimana praktik pengembangan dalam kerangka kerja Scrum dilakukan sehari – hari. Scrum memiliki lima nilai dasar, yaitu komitmen (commitment), keberanian (courage), fokus (focus), keterbukaan (openness), dan saling menghargai (respect).

Lima buah nilai tersebut dijelaskan sebagai berikut:

1. Komitmen (commitment)

Setiap anggota dalam sebuah Tim Scrum berkomitmen, memiliki dedikasi, untuk mencapai tujuan bersama yang dibuat tim. Komitmen adalah tentang memberikan usaha yang terbaik dan berharap hasil yang terbaik. Tim Scrum diberikan otonomi untuk memutuskan bagaimana mereka bekerja dan menyelesaikan pekerjaannya untuk mencapai tujuan tim dan kesuksesan produk.

2. Keberanian (courage)

Setiap anggota dalam Tim Scrum memiliki semangat untuk bekerja dalam menyelesaikan masalah yang sulit dalam pengembangan dan juga semangat untuk melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan.

3. Fokus (focus)

Setiap anggota dalam Tim Scrum fokus terhadap pekerjaannya untuk mencapai tujuan tim. Mereka fokus terhadap visi produk dan fokus terhadap tujuan Sprint. Lingkungan yang fokus dengan distraksi seminim mungkin dibangun agar anggota Tim Scrum dapat bekerja menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi.

4. Keterbukaan (openness)

Menerapkan Scrum berarti menerapkan transparansi dalam pengembangan produk. Tim Scrum ke dalam dan keluar (stakeholders) setuju untuk terbuka dalam segala hal terkait pekerjaan dan tantangan yang dihadapi. Keterbukaan memungkinkan adaptasi terhadap situasi aktual yang dihadapi.

5. Menghargai (respect)

Setiap anggota dalam Tim Scrum memiliki pengetahuan, pengalaman, dan latar belakang yang berbeda satu sama lain. Setiap anggota Tim Scrum saling menghargai satu sama lain dan menerima perbedaan yang ada di dalam tim. Dengan segala perbedaan dan keunikan satu dengan yang lain, mereka bekerja sama sebagai sebuah tim.

Nilai – nilai tersebut akan dirasakan saat Tim Scrum mulai menjalankan Scrum. Selanjutnya Tim Scrum perlu belajar agar nilai – nilai tersebut tumbuh dan hidup di dalam Tim Scrum. Hadirnya nilai – nilai tersebut dalam Tim Scrum membuat pelaksanaan praktik Scrum sehari -hari menjadi lebih hidup dan bermakna.

Badr Interactive sebagai software house yang sudah berpengalaman di industri IT selama lebih dari 10 tahun telah menjalankan prinsip Scrum dalam proses pengembangan proyek. Prinsip ini memungkinkan kolaborasi yang baik dan dengan klien sehingga menunjang efektivitas dalam pengembangan proyek.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

100+ companies have collaboration with Badr Interactive

For more than 10 years, we have developed 300+ websites/apps for our various clients. Let’s join and create the best system for your company

Other Insight

Grow Your Knowledge About Software Development with Software Development Guidebook

You Dream It, We Build It

Our Services

We provide several bonuses FOR FREE to help you in making decisions to develop your own system/application:

  • Risk Free Development Trial
  • Zero Requirement and Consultation Cost
  • Free Website/Mobile Audit Performance