Keunggulan Node.js untuk Startup

Jika berbicara tentang bahasa pemrograman yang populer saat ini, Node.js salah satunya. Bahasa pemrograman ini cukup banyak digunakan terutama oleh perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Saat ini perusahaan dituntut untuk bisa selalu agile memenuhi kebutuhan user. Dalam hal ini Node.js mampu menjawab kebutuhan dinamis perusahaan dengan berbagai kelebihannya. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 7 keunggulan Node.js untuk Startup.

Pilihan yang Tepat 

Pemilihan platform pemrograman yang tepat untuk perusahaan berbasis teknologi adalah hal krusial. Teknologi yang tepat akan memberikan dampak signifikan pada kesuksesan produk baru. Termasuk didalamnya membantu menyusun strategi pemasaran dan rencana pertumbuhan bisnis kedepan. Menerapkan pemilihan platform pemrograman yang tepat harus menjadi keputusan besar direncanakan dengan matang karena akan memberikan dampak signifikan terhadap pengembangan Anda.

Tentunya Anda sudah familiar dengan istilah JavaScript. JavaScript merupakan bahasa pemrograman paling populer di dunia karena JavaScript mudah diadaptasi dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Sehingga JavaScript tidak akan pernah benar-benar hilang dan akan selalu digunakan dan berkembang dalam ilmu pemrograman. Lalu apa bedanya dengan Node.js? Pada dasarnya Node.js menjalankan kode JavaScript pada sisi server. Kode JavaScript dieksekusi oleh Node.js sebelum halaman website muncul di browser. Oleh karena itu, pada akhirnya website, aplikasi web dan platform lain yang menggunakan Node.js dapat memiliki performa tinggi.

Apa itu Node.Js?

Node.js logo

“Perangkat lunak tunggal paling menarik di alam semesta JavaScript saat ini” – Ryan Dahl, Software Engineer & penemu Node.js

Node.js adalah bahasa pemrograman yang dapat berjalan lintas platform. Ia dibangun pada V8, sebuah mesin JavaScript open-source berkinerja tinggi. Engine V8 ini merupakan compiler JavaScript kepemilikan Google yang menggunakan bahasa pemrograman C++. Untuk memastikan kinerja yang terbaik, Node.js menerapkan paradigma I/O berbasis peristiwa dan non-pemblokiran. Dalam beberapa tahun terakhir, Node.js mendapatkan banyak popularitas di berbagai software development.

Node.js sangat direkomendasikan untuk membangun aplikasi jaringan yang cepat dan dapat dikembangkan lebih lanjut. Saat ini aktivitas memproses dan mengolah informasi dan data secara real-time sangatlah penting. Node.js dapat menjawab kebutuhan tersebut dengan beradaptasi dan mengolah data secara real-time kepada pengguna. Sehingga tidak mengherankan, banyak perusahaan yang cenderung memilih Node.js sebagai solusi software development-nya.

Node.js paling cocok digunakan untuk beberapa aplikasi teknologi seperti:

  • Aplikasi Web Real-time;
  • Aplikasi Streaming;
  • Aplikasi Messaging;
  • Aplikasi Single-Page;
  • Program Chat;
  • Aplikasi Media Sosial;
  • Virtual Emulator;
  • Multiplayer Games;
  • Collaboration Tools;
  • Aplikasi yang menggunakan API JavaScript Object Notation (JSON).

Node.js sebagai Platform Pilihan Terbaik untuk Startup

1. Mudah Dipelajari

Node.js tidak memiliki kurva belajar yang curam. Pengkodean di Node.js relatif mudah dipahami setelah Anda menguasai dasar-dasar JavaScript dan Pemrograman Berorientasi Objek. Hal ini sudah cukup sebagai prasyarat untuk mempelajari Node.js.

Hal-hal tersulit dalam mempelajari Node.js adalah memiliki model client-server yang jelas dalam pikiran Anda, dan mengejar ketinggalan dengan asinkron Node flow. Ada banyak kursus interaktif, tutorial dan contoh pada github, yang dapat membuat pembelajaran Anda terhadap Node.js menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

2. Mudah dan Sederhana

Dengan menggunakan ke Node.js, maka Anda dapat menikmati berbagai hal yang mudah (simple), yaitu berbagi satu bahasa baik di sisi server dan klien, sehingga tidak perlu beralih antara backend dengan frontend. 

Ini berarti bahwa aplikasi yang ditulis di Node.js membutuhkan lebih sedikit file dan lebih sedikit kode dibandingkan dengan yang memiliki bahasa yang berbeda untuk frontend dan backend. Anda juga dapat menggunakan kembali dan berbagi kode antara bagian frontend dan backend aplikasi Anda, yang mempercepat proses pengembangan. Satu kode dan satu deployment, semuanya berada di satu tempat.

Manfaat dari kemudahan ini sangat berharga pada tahap awal pengembangan produk startup Anda, karena Anda dapat memiliki tim full-stack developer untuk kedua belah pihak, dan memangkas biaya per jam per developer.

3. Waktu yang Lebih Cepat untuk Iterasi pada Market

Waktu merupakan hal yang sangat penting bagi para pelaku usaha. Bulan-bulan pertama mereka harus bekerja tanpa henti untuk iterasi yang cepat. Tidak banyak waktu untuk menguji secara detail semua hal yang perlu dikerjakan, sementara kita hanya memiliki anggaran dan tim yang terbatas. Node.js sangat membantu untuk membuat siklus waktu iterasi ke market lebih pendek.

Hal pertama yang menjadi keunggulan node.js adalah bahwa teknologi ini ringan dan dapat secara signifikan mengurangi waktu pengembangan aplikasi tetapi tetap mencapai fungsionalitas yang sama. Dengan Node.js, Anda bisa mendapatkan ide dan langsung menerapkannya ke produk dalam waktu singkat. Kedua, adalah deployment yang sederhana sehingga membantu Anda mendapatkan feedback langsung dari production team.

4. Skalabilitas

Ini adalah salah satu manfaat terbaik Node.js bagi startup yang berencana untuk tumbuh dan berkembang. Umumnya, startup memilih untuk mengembangkan sistem yang ringan dan cepat dengan respons real-time yang baik. Proses enhancement akan dilakukan bertahap dengan menambahkan satu per satu modul seiring berjalannya waktu.

Skalabilitas dengan node.js dicapai berdasarkan load balancing dan kemampuan untuk menangani sejumlah besar koneksi yang terjadi bersamaan. Selain itu, aplikasi Node.js juga mendukung skalabilitas baik secara vertikal maupun horizontal.

Node.js sangat cocok untuk arsitektur microservices yang benar-benar bermanfaat untuk proyek-proyek yang akan melakukan skalabilitas dan tumbuh di masa mendatang. Selain itu, dimungkinkan juga membuat microservices terpisah untuk fungsionalitas apa pun, dan kemudian mengembangkannya secara terpisah dari semua bagian yang lain.

5. Terbukti dan Teruji

Jika Anda ragu dengan Node.js, jangan khawatir. Dalam beberapa tahun terakhir jumlah perusahaan yang menggunakan Node.js untuk produk mereka telah meningkat secara drastis.

Contoh Perusahaan yang Menggunakan Node.js

Berikut ini beberapa perusahaan besar yang menggunakan Node.js sebagai teknologi backend mereka:

  • Linkedin — Platform sosial media yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Backend API mereka dibangun dengan Node.js
  • Ebay — Situs website yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia melakukan jual dan beli berbagai barang dan jasa. Komunikasi real-time sangat krusial untuk melayani user di berbagai penjuru dunia, dalam hal ini Node.js menjadi pilihan karena mampu menangani issue komunikasi real-time dengan sangat baik.
  • Paypal — Sebagai salah satu pemain fintech terbesar di dunia, paypal menyediakan jasa layanan transfer dan pembayaran secara online. Mereka juga mempercayakan backend aplikasi dengan menggunakan Node.js
  • Trello — Sebagai aplikasi manajemen proyek yang kolaboratif, trello memerlukan sistem yang intuitif dan interaktif bagi penggunanya. Node.js membantu mereka untuk terus berkembang dan memberikan kemudahan bagi user dalam menggunakan aplikasi ini.
  • Netflix — Dengan user lebih dari 117 juta, situs streaming serial TV dan film terbesar di dunia ini menggunakan Node.js sebagai teknologi backend untuk menyajikan kualitas streaming terbaik.
  • Medium — Platform blogging yang cukup populer ini juga menggunakan Node.js untuk teknologi backend-nya

6. Pengembangan MVP

Dengan anggaran dan waktu yang terbatas, sebaiknya langkah pertama yang dilakukan adalah memvalidasi ide produk ke pasar. Memastikan secara perlahan bahwa produk yang dijual dapat diterima oleh pasar, kemudian dengan effort dan investasi yang lebih sedikit, dibuatlah produk MVP (minimum viable product)

Node.js memungkinkan untuk dengan cepat mengembangkan MVP  – yaitu sebuah sample software yang terdiri hanya dari beberapa fitur dengan fungsionalitas sederhana untuk divalidasi ke market.

7. Komunitas

Keunggulan node.js lainnya adalah adanya komunitas yang aktif berarti ada banyak dukungan dan feedback. Berada dalam komunitas Node.js dapat membantu Anda mempercepat pengembangan proses development karena Node.js juga memiliki tools dan berbagai instrumen yang dapat mempercepat proses development.

NPM (Node’s Package Manager), suatu ekosistem paket Node.js, adalah software yang terdaftar, terbesar dan tercepat berkembang di dunia yang menyediakan berbagai library dan reusable template. Software ini dapat disisipkan ke dalam codingan Anda sehingga memiliki nilai lebih yaitu waktu yang relatif lebih singkat dengan sedikit effort. Selain itu, terdapat modul untuk hampir semua kebutuhan development dalam ekosistem NPM.

Manfaat lain dari komunitas Node.js ini adalah ada banyak developer dan product owner yang dapat membantu menjawab sebagian besar pertanyaan Anda.

Kesimpulan

Node.js dapat menjadi pilihan yang paling menarik bagi startup, terutama jika startup tersebut berorientasi untuk melakukan skalabilitas. Berbagai keunggulan node.js yang sudah disebutkan diatas mampu menciptakan sistem yang reliable dan berkelanjutan. Jika Anda ingin memiliki sistem dengan kriteria dibawah ini, maka penggunaan Node.js sangat direkomendasikan untuk bisnis Anda.

  • Kinerja yang efisien
  • Proses pengembangan yang lebih mudah
  • Reusable code
  • Kemampuan untuk menangani beberapa permintaan
  • Kemampuan untuk menskalakan dengan lancar
  • Eksekusi prompt code
  • Asynchronous dan event-driven
  • Didukung oleh perusahaan terkemuka
  • Kemampuan prototyping terbaik
  • Talent yang luas

Demikian ulasan mengenai keunggulan dari teknologi Node.js. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan sistem backend dengan kebutuhan teknologi berbasis Node.js, Anda dapat langsung menghubungi tim kami disini untuk membuat jadwal pertemuan. Tim kami akan segera membantu Anda untuk mem-breakdown kebutuhan requirement bisnis Anda. Badr Interactive adalah software house yang sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun di dunia pengembangan software.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

100+ companies have collaboration with Badr Interactive

For more than 10 years, we have developed 300+ websites/apps for our various clients. Let’s join and create the best system for your company

Other Insight

Grow Your Knowledge About Software Development with Software Development Guidebook

You Dream It, We Build It

Our Services

We provide several bonuses FOR FREE to help you in making decisions to develop your own system/application:

  • Risk Free Development Trial
  • Zero Requirement and Consultation Cost
  • Free Website/Mobile Audit Performance