8 Cara Memilih Jasa Software Development bagi Bisnis

Kecanggihan teknologi saat ini tentu memudahkan mobilitas kita sehari-hari, salah satunya dengan bantuan berbagai aplikasi yang menyediakan berbagai fitur lengkap dalam genggaman smartphone maupun gadget lainnya. Aplikasi dibuat untuk memberikan layanan mulai dari lifestyle, kesehatan, hingga berbagai fitur lainnya yang saat ini semakin mumpuni dan canggih. Tahukah Anda jika dalam keberhasilan sebuah aplikasi, terdapat proses panjang dan memerlukan SDM yang ahli dalam tahap development-nya. Peluang inilah yang membuat saat ini banyak bermunculan penyedia jasa software development.

Jika Anda saat ini sedang mencari jasa software development yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda, simak informasi lengkap mengenai cara memilih developer yang tepat berikut ini!

Pengertian

Apa itu jasa software development? Jasa software development adalah perusahaan yang menyediakan layanan untuk membuat berbagai software untuk Android, iOS, ataupun website. Pembuatan sebuah software melibatkan banyak orang yang bekerja di balik layar, dan memerlukan waktu yang tidak singkat serta biaya yang tak sedikit.

Meskipun saat ini semua hal sudah serba digital dan menggunakan teknologi, tidak semua hal atau sistem bisa dibuat menjadi aplikasi. Sebuah aplikasi yang baik adalah aplikasi yang memberikan solusi ataupun bisa membantu menyelesaikan kebutuhan masing-masing penggunanya. Meningkatnya kebutuhan akan penyedia  jasa software development saat ini membuat banyak perusahaan mulai bermunculan dan menawarkan berbagai layanan mereka untuk membantu Anda dalam mewujudkan aplikasi impian.

Sebelum Anda memilih jasa software development yang baik dan sesuai dengan bisnis Anda, perlu digaris bawahi jika Anda harus melihat beberapa faktor penting mengenai SDM, biaya, serta portofolio dari developer tersebut apakah terpercaya atau sudah terbukti sebelumnya. Anda juga harus menemukan  jasa software development yang bisa memenuhi ekspektasi Anda baik dari desain, fitur, hingga proses development  nantinya.

Jenis aplikasi yang Anda inginkan pun memiliki proses development yang berbeda-beda. Hal ini tentu harus dikonsultasikan di awal sehingga tidak ada kesalah pahaman antara pihak penyedia jasa dengan Anda. Jangan lupa untuk memberikan referensi ataupun benchmark aplikasi yang Anda inginkan pada pihak developer saat diskusi.

Proses Software Development

Sebagai klien, Anda juga harus memahami bagaimana proses software development yang ideal dan sesuai. Dalam proses development atau bisa disebut dengan Software Development Life Cycle (SLDC)  ini, pihak developer akan membagi tim mereka untuk menghandle beberapa pekerjaan. Berikut ini adalah proses software development yang wajib Anda ketahui:

Planning

Tahapan awal dalam proses software development adalah planning yang merencanakan tugas masing-masing individu dalam tim. Proses ini akan mengumpulkan semua informasi dan data yang akan membantu dalam proses pengembangan, di tahap ini developer akan menentukan timeline, budget, security, dan berbagai aspek lainnya sehingga proses yang dilaksanakan akan lebih sistematis dan terukur. 

Analyze

Pada tahap analisis, tim akan melihat apa saja yang menjadi kebutuhan fungsional sistem sehingga bisa menyelaraskan semua faktor antara masalah yang ada dengan tujuan dari aplikasi yang dibuat. Pada tahap ini, seorang lead dalam tim akan memberikan gambaran lengkap dari biaya hingga perkiraan hasil dari proses software development nantinya.

Design

Adapun pada tahap selanjutnya adalah desain, dalam hal ini terdapat beberapa aspek yang harus Anda perhatikan seperti berikut ini:

  • Architecture: Menentukan apa saja bahasa pemrograman yang akan digunakan, desain software secara keseluruhan, dan sebagainya.
  • User Interface: Menentukan bagaimana cara users ketika berinteraksi dengan software serta bagaimana cara software memberikan respon, sehingga membuat software tersebut menjadi responsif.
  • Platform: Memilih platform yang tepat sebagai tempat software dapat berjalan seperti Android, iOs, Linux, dan sejenisnya.
  • Security: Menentukan angkah-langkah apa saja yang harus ditempuh untuk mengamankan sistem software seperti enkripsi lalu lintas SSL, perlindungan kata sandi, atau yang lain.

Development

Tahap ini merupakan awal mula proses development secara teknis mulai berjalan, di sini tim developer mulai mengeksekusi dengan memulai membangun sistem dengan berbagai bahasa pemrograman. Dalam proses software development, tahap ini merupakan step terpanjang dan memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari seberapa kompleks dan besarnya database yang harus dibangun. Proses ini melibatkan langsung Front-End dan Back-End yang harus berkolaborasi sehingga bisa menciptakan software yang diinginkan dengan menggunakan berbagai prosedur yang sudah ditetapkan di awal.

Testing

Pada tahap testing akan melibatkan peran QA (Quality Assurance) yang melakukan pengujian pada sistem serta melakukan penilaian apakah software yang dibuat dapat bekerja sesuai dengan fungsionalitas yang diharapkan. Peran QA dalam hal ini adalah untuk memastikan bahwa sistem terbebas dari cacat, error, ataupun bug. Tahapan ini menjadi faktor penentu apakah timeline yang diberikan bisa sesuai atau akan ada perpanjangan dikarenakan masih terdapat error dalam aplikasi. Pengujian dapat dilakukan dengan metode black box maupun white box. 

Deployment

Tahap selanjutnya adalah perilisan, di tahap ini pertama kalinya aplikasi akan dicoba langsung oleh user dalam lingkup internal. Dalam tahap ini, developer akan mendapatkan beberapa feedback dan masukan mengenai aplikasi tersebut sehingga masih bisa diperbaiki sebelum pada akhirnya resmi diluncurkan ke pasaran. Pada proses ini, Anda sebagai klien sudah bisa menilai apakah aplikasi tersebut sudah sesuai atau masih ada kekurangan.

Maintenance

Tahap terakhir dalam Software Development Life Cycle (SLDC) adalah proses maintenance. Di tahap ini, pihak tim pengembang akan melakukan proses pemeliharaan sistem dan juga melakukan pembaruan fitur. Berikut ini adalah 3 tahap yang dilakukan dalam proses maintenance

  • Perbaikan Bug: Melakuakn perbaikan bug jika terdapat masalah yang dilaporkan.
  • Upgrade Sistem: Meningkatkan kinerja software dengan sistem yang lebih baru dan update.
  • Peningkatan Fitur: Menambahkan fitur baru atau optimasi fungsionalitas pada pada software yang dikembangkan.

Jenis Developer

Ini dia 3 jenis app developer yang harus Anda ketahui:

  • Mobile App Developer: Mobile developer adalah profesi bidang IT yang populer belakangan ini, mereka bertugas membuat aplikasi berbasis mobile untuk platform Android dan iOS.
  • Android Developer: Android Developer bisa dikatakan sebagai software developer yang memiliki spesialisasi merancang aplikasi untuk marketplace Android. 
  • iOS Developer: Tim yang mengembangkan aplikasi untuk perangkat seluler dengan sistem operasi iOS App.

Jenis Aplikasi

Berikut ini adalah beberapa jenis aplikasi yang terbagi dalam beberapa kategori:

  • Real time Software: Merupakan perangkat lunak yang mengukur, menganalisa, dan mengontrol kejadian nyata secara real-time.
  • System Software:  Perangkat lunak yang membantu untuk memanajemen, memproses dan megelola perangkat keras agar berjalan secara optimal.
  • Business Software: Merupakan software yang digunakan untuk membantu bisnis mencapai tujuan tertentu dengan prinsip yang didukung oleh sebuah software.
  • Personal Computer Software: Perangkat yang melakukan beberapa pekerjaan komputasi terutama pekerjaan yang berhubungan dengan tugas-tugas organisasional ataupun perorangan. 
  • Web-based Software:  Aplikasi yang dibuat berbasis web yang membutuhkan web server dan browser untuk menjalankannya. 

Tips Memilih Jasa Software Development

Foto oleh Unsplash

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa software development, pastikan apakah developer ataupun perusahaan tersebut sudah memenuhi syarat dan kriteria yang Anda cari. Berikut ini adalah 8 tips untuk memilih jasa software development:

1. Tentukan Tujuan Anda

Langkah awal dalam memilih jasa software development adalah dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah aplikasi. Masalah apa yang ingin diselesaikan dengan adaya aplikasi tersebut, fitur apa saja yang ingin dibuat, hingga berbagai aspek lainnya yang harus dipikirkan sebelum masuk proses development.

Anda bisa memulainya dengan mengumpulkan data dari riset yang dilakukan kemudian memasukkannya ke dalam beberapa poin. Bagian ini menjadi salah satu hal yang krusial karena akan berpengaruh pada proses development baik Front-End hingga Back-End nantinya. Karena setiap aplikasi memiliki penanganan, regulasi, hingga teknik yang berbeda. Jika Anda sudah memiliki tujuan ini, maka proses diskusi bersama developer akan berjalan lebih mudah karena Anda sudah memiliki gambaran rincinya, dan developer akan memberikan masukan untuk proses development.

2. Sesuaikan dengan Timeline

Jangan lupakan untuk menentukan timeline saat Anda memilikh memilih jasa software development. Timeline menjadi sangat penting untuk memilih teknik dan keputusan selama proses development aplikasi Anda. Pastikan Anda tidak membuat timeline yang terlalu mepet atau singkat, sehingga proses development bisa berjalan maksimal dan menyesuaikan dengan budget yang disiapkan.

Penentuan timeline ini erat kaitannya dengan jumlah budget yang sudah disiapkan, jika Anda menginginkan aplikasi terbaik dengan waktu yang lebih singkat, tentu budget yang harus disiapkan pun harus lebih besar. Sementara jika timeline nya lebih lama dan matang, masalah budget ini tentu tidak akan terlalu membengkak dan bisa menyesuaikan dengan yang sudah disiapkan oleh perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan developer mengenai timeline ideal dalam proses development aplikasi sampai bisa dirilis dan digunakan oleh user.

3. Cek Track Record Developer

Tips dalam memilih jasa software development  berikutnya adalah dengan melihat bagaimana track record developer yang Anda pilih. Anda bisa melakukan riset pada beberapa developer dengan melihat bagaimana project yang mereka kerjakan sebelumnya dan membandingkan developer satu dengan lainnya berdasarkan faktor yang Anda cari. Anda juga harus memastikan apakah developer tersebut memiliki tim yang sudah profesional dan memiliki jam terbang yang tinggi.

Anda bisa meluangkan waktu untuk menelusuri aplikasi-aplikasi yang pernah dibuat dan bagaimana kualitas aplikasi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa meminta rekomendasi dari teman ataupun melihat ulasan dari klien-klien yang sudah menggunakan jasa developer tersebut melalui Google ataupun platform yang tersedia.

4. Lihat Portofolio Developer

Untuk developer yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan sudah memiliki berbagai klien biasanya akan mencantumkan portofolio hasil dan pengalaman kerja mereka melalui website, sehingga Anda bisa langsung melihatnya. Dalam memilih jasa software development, portofolio developer menjadi faktor kunci apakah perusahaan tersebut mampu atau tidak untuk mewujudkan aplikasi yang Anda inginkan.

Anda juga perlu membuktikan sendiri portofolio yang dipajang apakah sesuai atau hanya tipuan untuk mengecoh pelanggan. Tidak sedikit developer yang sering bermain curang dengan memalsukan portofolio mereka sehingga banyak konsumen yang tertipu dengan trik ini. Untuk mengetahui kebenaran terkait portofolio yang ada, Anda bisa melihat pada link di Google Play Store ataupun App Store. Apabila nama developer pada aplikasi tidak sesuai dengan nama perusahaan penyedia, Anda bisa mencurigai hal tersebut dan menghindari untuk menggunakan layanan dair developer tersebut.

5. Jenis Layanan yang Ditawarkan

Tips selanjutnya untuk memilih jasa software development adalah dengan melihat jenis layanan apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan developer tersebut. Hal ini bisa mempermudah Anda untuk memfilter mana perusahaan yang cocok untuk project Anda berdasarkan objective yang sudah ditentukan dan dibuat di awal. Anda bisa memilih perusahaan yang menyediakan jasa secara end-to-end sehingga bisa membantu Anda dalam proses development nya dengan satu developer saja.

Saat ini sudah tersedia banyak pilihan developer yang memiliki berbagai layanan dan juga bisa mendukung inovasi-inovasi produk yang nantinya akan dibuat. Badr Interactive adalah software developer yang terpercaya selama lebih dari 10 tahun dan telah bekerja sama dengan lebih dari 110+ klien baik di Indonesia maupun internasional. Anda bisa langsung berkonsultasi mengenai kebutuhan aplikasi Anda bersama Badr Interactive di sini.

6. Jangan Tergiur Harga Murah

Selalu ingat bahwa “Kualitas akan berbanding lurus dengan Biaya”, untuk menghasilkan aplikasi yang terbaik dan sesuai, maka budget yang harus dikeluarkan pun tidak sedikit. Dibalik sebuah aplikasi yang berhasil, terdapat banyak SDM yang berpengalaman dan juga memiliki skill yang handal. Tak bisa dipungkiri jika dalam membuat aplikasi memang membutuhkan dana yang cukup besar, namun hal ini akan sepadan jika Anda bisa memilih jasa software development yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan.

Anda perlu hati-hati dengan developer yang menawarkan harga di luar pasaran dan mengiming-imingi Anda dengan hasil yang terbaik. Pada kenyataan lapangan, tak sedikit developer yang justru mematok harga murah namun memiliki kualitas pekerjaan dan hasil yang sangat buruk.

7. Cek Teknologi yang Digunakan

Tips berikutnya dalam memilih jasa software development adalah melihat apa saja teknologi yang mereka gunakan. Seringkali kita menginginkan teknologi-teknologi canggih seperti AR (Augmented Reality) dalam software kita, namun belum semua developer memiliki tim yang bisa mewujudkan teknologi-teknologi yang masih baru.

Tapi, tidak semua teknologi baru bisa sesuai dengan aplikasi yang ingin Anda inginkan. Biasanya pihak developer akan memberikan rincian mengenai rencana mereka dalam melakukan proses development dan gambaran teknologi yang sesuai dengan aplikasi tersebut. Pilih jenis teknologi yang lebih fungsional daripada selalu mengikuti tren teknologi yang terus menerus berkembang.

8. Profil Perusahaan yang Jelas

Tips terakhir dalam memilih jasa software development adalah dengan melihat bagaimana profil perusahaan developer tersebut. Anda bisa mengecek langsung melalui website, contact person, hingga social media yang dimiliki perusahaan tersebut. Akan semakin baik apabila Anda memilih developer yang memiliki ulasan yang terpercaya dari klien-klien mereka sebelumnya.

Kesimpulan

Semakin tingginya pengguna smartphone saat ini berdampak langsung pada meningkatnya permintaan untuk membuat software atau aplikasi mobile untuk Androind iOS, website, dan sejenisnya. Hal ini dibarengi dengan perubahan lifestyle masyarakat saat ini yang serba digital mulai dari berbagai hal seperti keuangan, pembayaran, kesehatan, pekerjaan, dan sebagainya sehingga menciptakan berbagai jenis aplikasi yang menjawab kebutuhan pasar. Jasa software development menjadi salah satu peluang bisnis yang laris manis saat ini dipasaran terutama pada B2B (Business to Business). 

Di antara banyaknya jasa software development  saat ini, Badr Interactive hadir untuk menjawab kebutuhan pasar akan developer pembuatan aplikasi yang terpercaya dan bisa mewujudkan aplikasi impian Anda dengan mudah. Jadi tunggu apalagi? Saatnya konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda bersama Badr Interactive sekarang juga!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

100+ companies have collaboration with Badr Interactive

For more than 10 years, we have developed 300+ websites/apps for our various clients. Let’s join and create the best system for your company

Other Insight

Grow Your Knowledge About Software Development with Software Development Guidebook

You Dream It, We Build It

Our Services

We provide several bonuses FOR FREE to help you in making decisions to develop your own system/application:

  • Risk Free Development Trial
  • Zero Requirement and Consultation Cost
  • Free Website/Mobile Audit Performance