Merekrut Developer Berkualitas Untuk Startup

Badr Interactive
- 08 Januari 2021

Menciptakan sebuah produk teknologi dari scratch bukan lah hal yang mudah. Meskipun Anda memiliki ide yang sangat inovatif, namun jika ide tersebut tidak diimplementasikan kedalam sebuah sistem atau aplikasi tertentu maka ide tersebut tidak akan berjalan. Oleh karena itu sangat penting khususnya bagi startup yang mengoptimalkan teknologi sebagai core business nya untuk memiliki tim yang berkualitas di awal. Permasalahannya, sebagaimana kita tahu pada umumnya permasalahan pada startup adalah keterbatasan finansial khususnya pada fase-fase awal. Ditambah lagi saat ini merekrut developer atau tim teknis yang berkualitas juga tidak mudah. Selain karena rate developer yang cukup tinggi, mencari developer yang mampu bekerjasama dengan baik dan memiliki karakter yang sesuai dengan anggota tim yang lain tentu menjadi tantangan tersendiri. Dalam tulisan ini, kami akan sedikit membahas bagaimana caranya agar Anda dapat tetap merekrut developer terbaik meskipun dengan segala keterbatasan Anda sebagai sebuah bisnis pemula.

 


Tantangan dalam Mengembangkan Tim bagi Startup

Pada awalnya mungkin Anda memulai bisnis Anda seorang diri, atau dengan beberapa teman Anda selaku Co Founder dari bisnis Anda. Seiring berjalannya waktu, ketika bisnis Anda sudah semakin membesar, maka mau tidak mau Anda perlu mengembangkan tim Anda hingga pada titik tertentu agar secara operasional bisnis dapat tetap berjalan dengan baik. Kebutuhan untuk mengembangkan anggota tim merupakan sinyal positif, karena hal ini berarti bisnis Anda berjalan dengan baik bahkan bertumbuh dengan signifikan sehingga Anda membutuhkan orang lain untuk membantu Anda. Namun seiring dengan kebutuhan pengembangan tim, Anda juga akan menghadapi beberapa tantangan yang perlu diselesaikan. 


Tidak ada waktu bermain-main.

Ketika produk Anda sudah di-launch ke pasar, maka Anda sudah berada dalam ekosistem bisnis dimana keberhasilan Anda akan tergantung dari bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan pasar dan bertahan melawan kompetisi yang cukup keras. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memikirkan segala strategi yang bisa dilakukan untuk bertahan dan tumbuh dengan baik.


Permasalahan Rekrutmen Startup.

Salah satu kesulitan paling besar bagi startup adalah mencari tim yang tepat untuk perusahaan. Banyak sekali kasus dimana startup pada akhirnya berhenti bukan karena produknya yang tidak baik, namun karena timnya yang tidak solid. Hal ini adalah tantangan yang juga harus dihadapi, khususnya jika Anda dan co founder bisnis Anda tidak memiliki kemampuan IT, maka mencari developer juga bukanlah perkara yang mudah.


Mengatur keuangan.

Aspek lain yang juga harus diselesaikan dengan baik bagi usaha pemula adalah bagaimana mereka mampu mengatur keuangan mereka. Mulai dari cashflow bisnis, laporan keuangan, neraca, proyeksi rugi laba, dan lain sebagainya. Hal ini juga tidak mudah jika Anda tidak memiliki latar belakang keuangan. Oleh karena itu biasanya banyak yang akhirnya menggunakan jasa konsultan keuangan untuk membantu mengurus aspek keuangan perusahaannya.


Permasalahan Komunikasi.

Menyatukan beberapa kepala dalam satu frekuensi yang sama tentu bukan hal yang mudah, apalagi jika masing-masing kepala memiliki kepentingannya sendiri. Dalam bisnis setiap divisi memiliki tujuannya masing-masing yang bisa jadi tidak sejalan dengan tujuan di divisi lain. Sebagai contoh, tim bisnis yang berfokus pada menjawab kebutuhan konsumen dan tim teknis yang berusaha mengimplementasi insight dari tim bisnis, seringkali mengalami perbedaan pendapat karena berbeda cara pandang. 


Permasalahan Kualitas Produk dan Keamanan.

Bagi startup yang bisnisnya mengandalkan pengaplikasian dari website atau aplikasi mobile, maka menjamin platform tersebut dapat berjalan dengan baik dan mampu menjaga berbagai potensi ancaman keamanan secara online adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Anda wajib menjaga hal-hal kritikal yang kaitannya dengan data-data sensitif bagi user Anda. 




Apa yang Anda Cari dari Developer Anda?


Jika Anda ingin membuat sebuah produk teknologi baik website ataupun aplikasi mobile, maka software developer merupakan aktor utama dari kualitas produk tersebut. Mereka yang nanti akan mengimplementasikan ide bisnis yang sudah Anda buat kedalam hal-hal teknis yang cukup kompleks. Oleh karena itu dalam memilih developer, Anda harus sangat selektif dan berhati-hati.


Bagaimana kita bisa tau kualitas seorang software developer?

Jika Anda pernah terlibat dalam proses rekrutmen pegawai, Anda pasti menyadari bahwa sebagus apapun resume yang Anda terima dan sebaik apapun hasil wawancara yang Anda lakukan, Anda tidak akan menemukan satupun kandidat yang sempurna secara keseluruhan. Anda mungkin tidak punya waktu cukup banyak untuk melihat satu per satu profil kandidat Anda, namun bukan berarti Anda tidak bisa mendefinisikan kebutuhan apa yang benar-benar Anda butuhkan untuk keperluan bisnis dan tim Anda. 

Untuk merekrut developer untuk startup, Anda harus menentukan prioritas dari kebutuhan sistem yang ingin Anda bangun. Silahkan renungkan beberapa pertanyaan ini:

  • Teknologi apa yang Anda gunakan? Hardskill apa yang Anda cari saat ini?

  • Pengalaman apa yang wajib dimiliki oleh kandidat Anda?

  • Apakah Anda membutuhkan generalis atau spesialis untuk pengembangan sistem Anda?

  • Bagaimana jenis kepribadian orang yang ingin Anda rekrut?

Setelah menjawab beberapa pertanyaan tersebut, Anda akan memiliki bayangan yang lebih jelas tentang profil karyawan yang Anda butuhkan dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Ingat, mencari kandidat bukanlah mencari orang terbaik, namun mencari orang yang paling tepat dengan kebutuhan Anda. 


Lalu bagaimana cara kita bisa mengetahui apakah kandidat Anda passionate dengan pekerjaannya?

Tidak ada formula yang spesifik untuk secara pasti mengetahui apakah seseorang menyukai pekerjaannya atau tidak, apalagi jika Anda hanya melihat dari resumenya saja. Anda perlu langsung mewawancarai mereka, dan bertanya mengenai pengalaman, ketertarikan, prestasi yang pernah dicapai, apa saja hambatan yang mungkin bisa mengganggu kinerja mereka, dan lain sebagainya. Beberapa hal ini mungkin bisa menjadi petunjuk untuk mendapatkan gambaran umum dari profil kandidat Anda.

  • Latar Belakang Kandidat Anda.

Anda bisa melihat latar belakang kandidat Anda, apakah mereka selalu berada dalam posisi pekerjaan yang sama atau berubah-ubah? Jika mereka memiliki banyak pengalaman di perusahaan yang berbeda namun berada dalam posisi yang sama, maka mungkin mereka sangat menyukai profesi tersebut.

  • Bagaimana cara mereka mendeskripsikan pekerjaan sebelumnya.

Anda bisa melihat apakah kandidat Anda menyukai pekerjaan mereka dari bagaimana mereka menceritakan pekerjaan mereka sebelumnya. Apakah mereka antusias? Apakah mereka bercerita panjang lebar? Alasan kenapa mereka keluar dari pekerjaan sebelumnya? Dan lain sebagainya

  • Menanyakan hobi. 

Terkait hobi, kandidat Anda bisa menjawab hal apapun disini. Namun hal yang perlu dicatat adalah jika mereka memiliki hobi yang bersinggungan baik secara langsung atau tidak langsung dengan pekerjaan mereka, maka kemungkinan besar mereka menyukai pekerjaan yang mereka lakukan.



Tips Rekrutmen untuk Tim Anda

Untuk mendapatkan tim terbaik, maka Anda harus meluangkan waktu untuk mempersiapkannya dengan matang. Persiapan rekrutmen yang setengah-setengah akan membuat kandidat yang Anda dapatkan juga tidak maksimal. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda kerjakan:

  • Sebelum merekrut, pastikan bahwa semua orang dalam tim sudah memiliki satu visi. Hal ini penting, karena ketika karyawan baru masuk dan bertemu dengan tim Anda, maka mereka butuh suasana yang positif dan rekan kerja yang memiliki satu visi. Hal ini akan membantu karyawan baru Anda untuk lebih cepat beradaptasi dan mengenal perusahaan Anda.

  • Berikan informasi yang jelas mengenai value perusahaan. Banyak perusahaan yang membuat value sebagai kata-kata pemanis dalam company profile, namun tidak sepenuhnya terinternalisasi dengan baik kepada seluruh anggota tim. Value merupakan landasan dasar kenapa perusahaan bergerak. Kehilangan ruh dari value ini maka akan membuat perusahaan berjalan dengan tidak maksimal.

  • Berikan informasi Keunggulan Kompetitif Perusahaan Anda. Ketika seorang keluar dari pekerjaan dan mencari pekerjaan lain, tentunya mereka akan mencari perusahaan yang dapat memberikan value kepada mereka. Oleh karena itu, Anda harus menunjukkan keunggulan perusahaan Anda dan manfaat apa saja yang nanti akan didapatkan oleh setiap anggota tim.

  • Pastikan kandidat Anda merasa dihargai. Jika Anda yakin, bahwa dia adalah kandidat yang akan Anda rekrut, maka pastikan mereka merasa diapresiasi dan diinginkan oleh perusahaan Anda. 



Bagaimana merekrut senior developer saat budget Anda terbatas?

Ketika Anda ingin merekrut karyawan, sementara sumber daya perusahaan terbatas, dan Anda tidak memiliki cukup banyak hal untuk ditawarkan, maka Anda perlu memikirkan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Developer-developer terbaik atau bahkan senior developer tentunya tidak ingin bekerja di perusahaan Anda jika perusahaan tidak memberikan insentif yang baik. Dalam hal ini maka salah satu opsi yang bisa Anda lakukan adalah dengan meng-outsource developer Anda baik ke tenaga freelance perseorangan ataupun ke perusahaan software house. 


Adapun manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan outsource tenaga IT Anda kepada software house adalah:

  • Organisasi tim yang komprehensif

Secara profesional mendapatkan 1 tim development (Project Manager, Software Tester, UI Designer, Developer) dengan fungsionalitas masing-masing.

  • Efisiensi Biaya

Paket development yang lebih affordable dibandingkan in house tim yang memiliki biaya rekrutmen, remunerasi bulanan, management cost, operasional kantor, lisensi software dan sebagainya. 

  • Cross Platform

Software house dapat menawarkan pengembangan website dan aplikasi mobile dengan berbagai bahasa pemrograman.

  • Expertise

Tim yang di-assigned dalam mengerjakan proyek adalah tim yang dipastikan ahli dibidangnya.

  • Quality Assurance

Memiliki software tester yang dedicated sehingga mampu menjamin kualitas software.

  • Keamanan

Aspek keamanan akan menjadi issue yang sangat diperhatikan oleh software house dalam deliverables yang diberikan

  • Jasa Berkelanjutan

Software house dapat memberikan layanan maintenance jangka panjang yang tentunya lebih affordable dibandingkan hire inhouse developer atau tim IT sendiri.

  • Jaminan hukum

Software house umumnya sudah memiliki status hukum, sehingga segala hasil pekerjaan dapat dipertanggungjawabkan secara legal diatas kontrak 

  • Partner dalam diskusi

Software house juga memiliki peran konsultasi, sehingga Anda bisa meminta insight atau masukan dari sistem yang sudah ada saat ini

  • Reliable

Software house bergerak khusus dalam pengerjaan proyek IT, mereka lebih reliable dibandingkan inhouse developer karena punya pengalaman yang lebih banyak dalam mengerjakan berbagai varian proyek.




Kesimpulan


Merekrut tim bagi perusahaan pemula (startup) memiliki tantangan tersendiri. Anda perlu mempersiapkan dengan baik siapa yang akan menjadi kandidat untuk masuk kedalam tim Anda. Pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas ketika Anda hendak merekrut anggota tim baru dan menjawab kebutuhan bisnis Anda saat ini. Jika Anda memiliki penawaran terbatas untuk merekrut anggota tim baru, maka salah satu opsi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyewa jasa pengembang software. Saat ini, skema outsourcing sudah menjadi salah satu strategi bisnis untuk membantu perusahaan berkembang dan memenangkan kompetisi dengan market size untuk pelayanan outsource yang meroket menjadi $92 miliar di 2019 dan diproyeksikan naik ke $105 miliar sebelum 2025 (outsourceasia.org.). 


Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengembangkan aplikasi mobile Anda baik untuk platform android atau ios, Anda bisa menghubungi kami untuk permintaan penawaran. Semoga Anda mendapatkan tim terbaik untuk perusahaan Anda!


100+ Perusahaan bekerjasama dengan Badr Interactive untuk mengoptimalkan website dan aplikasi mereka.

Selama lebih dari 8 tahun, kami telah mengembangkan 200+ website/aplikasi untuk berbagai klien kami.

Mari bergabung dan siapkan sistem terbaik untuk perusahaan Anda