Prospek Kerja Seorang React Developer: Jenjang Karir, Gaji, Skill

Industri teknologi di Indonesia terus mengalami perkembangan yang pesat dalam jangka beberapa tahun belakangan ini. Hal ini membuat banyak peluang baru yang muncul dari peluang bisnis hingga berbagai jenis profesi baru yang mulai ada dalam industri kerja. Dari sekian banyak jenis profesi baru, React Developer adalah salah satunya.

Pada dasarnya React Developer adalah profesi yang berhubungan dengan proses pengembangan aplikasi maupun website. Kehadiran profesi ini tentu akan membantu sistem pada aplikasi dan website menjadi lebih optimal dan sistematis. Profesi React Developer kini menjadi salah satu yang paling diincar oleh banyak orang karena kebutuhan perusahaan yang semakin tinggi.

Jika Anda ingin menjadi seorang React Developer namun masih bingung mengenai seluk beluk dari profesi ini, yuk simak penjelasan selengkapnya dari Badr Interactive berikut ini!

Apa itu React Developer?

React Developer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk merancang dan membangun interaksi dalam website atau aplikasi menggunakan framework React. Profesi ini tergolong dalam profesi yang muncul pada 10 dekade belakangan ini dan dibarengi dengan kemajuan teknologi yang semakin mutakhir. 

React Developer adalah profesi yang saat ini dibutuhkan oleh berbagai perusahaan baik teknologi maupun non-teknologi. Pekerjaan ini menuntut Anda untuk menguasai framework React baik untuk Android atau iOS. Keseharian seorang React Developer adalah membangun sebuah aplikasi atau website yang kompleks dan perlu dikerjakan secara optimal dan tidak mengalami bug.

Profesi React Developer juga bertanggung jawab agar semua aplikasi bisa bisa diunggah di masing-masing platform, seperti Android yang akan diunggah ke Playstore dan iOs akan diunggah ke App Store. Pekerjaan ini mengharuskan Anda dalam menguasai bahasa pemrograman seperti JavaScript, HTML, CSS, TypeScript, C#, SASS, Stylus, Stylus, Python, dan LESS.

Dilansir dari Techtic, profesi React Developer terutama ReactJS adalah media yang selalu berkembang dan menjadi platform yang paling dicari  saat ini. Hal ini mendukung banyak misi dan visi perusahaan yang ingin berkembang ke dalam dunia digital dan juga teknologi agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Tak heran jika banyak anak muda saat ini menjadikan profesi React Developer sebagai karir mereka karena prospeknya yang sangat menjanjikan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Lantas, apa saja tugas dan juga tanggung jawab yang harus dilakukan oleh React Developer sehari-hari? Ini dia penjelasan selengkapnya!

Tugas & Tanggung Jawab

Secara garis besar, tugas seorang React Developer adalah melakukan integrasi penggunaan React dengan User Interface yang ada dalam aplikasi maupun website. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah tugas dan juga tanggung jawab React Developer:

1. Memastikan Aplikasi & Website Berjalan dengan Mulus

Tugas seorang React Developer adalah memastikan bahwa semua sistem yang ada di aplikasi maupun website bisa berjalan mulus tanpa hambatan. Selain faktor interface yang bagus, mobilitas pengguna dalam aplikasi juga harus diperhatikan. React Developer harus bisa mengaplikasikan semua interface yang telah dibuat agar bisa digunakan dengan baik. Contohnya adalah dengan membuat ikon, gambar, tombol, dan jenis gesture-driven interface  lainnya bisa dijalankan dengan lancar. Contoh yang kita sering temui sehari-hari mengenai gesture-driven interface adalah pengenalan suara (Siri dan Cortana).

2. Bekerja sama dengan Tim Produk

React Developer adalah pekerjaan yang harus dikerjakan dengan sebuah tim yang terdiri dari berbagai divisi. Maka dari itu, profesi ini dituntut untuk bekerja sama dan juga berkomunikasi baik dengan keseluruhan tim produk. Ada beberapa skill yang harus diperhatikan sebelum Anda menjadi seorang React Developer, yaitu kemampuan komunikasi dan bagaimana Anda bekerja dengan tim.

Dalam kesehariannya, React Developer adalah profesi yang paling dekat dengan tim desainer dan juga product manager. Karena, Anda akan terus memberikan update terbaru mengenai aplikasi ataupun website yang dibuat. Anda juga harus familiar dalam menggunakan berbagai tools untuk manajerial tim yang digunakan seperti Trello, Jira, Notion, dan sebagainya.

3. Melakukan Testing Produk

Tugas berikutnya yang dilakukan oleh seorang React Developer adalah melakukan testing produk yang dibuat menggunakan software testing tools. Hal ini dilakukan untuk menguji kode sebelum aplikasi web atau situs web ditayangkan atau dipresentasikan pada klien dan perusahaan.

Skill

Foto oleh Unsplash

Menurut Pluralsight, terdapat 6 skill teknik yang harus dikuasai untuk bisa menjadi seorang React Developer yang profesional. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

1. HTML + CSS

Anda pasti sudah tidak asing dengan HTML serta CSS dalam dunia programing. Anda harus mampu untuk bekerja dengan dan menulis tag HTML, familiar dengan CSS selectors, memahami flexbox, dan beberapa hal lainnya. React Developer adalah pekerjaan yang bisa dilakukan untuk berbagai jenjang karir mulai dari entry-level hingga senior.

2. Memahami JSX

Skill berikutnya yang harus dikuasai oleh React Developer adalah JSX. Apa itu JSX? JSX adalah pengembangan dari React Environment. Apabila Anda sudah bisa memahami JSX, maka dapat mengembangkan API menjadi lebih baik.

3. Fundamental JavaScript

React Developer harus menguasai fundamental dari JavaScript dan juga ES6. Dalam hal ini, Anda harus memahami semua variabelnya seperti Array methods, Arrays and objects, dan Functions and arrow functions.

4. Redux

Skill lain yang wajib dikuasai oleh React Developer adalah Redux. Anda harus memahami semua prinsip-prinsip yang ada di Redux, langkah yang harus ditempuh adalah dengan menguasai semua fundamental React, agar Anda bisa menjelajahi lebih dalam mengenai Redux.

5. Git

Git adalah sebuah tools yang biasanya digunakan untuk mempermudah komunikasi antar developer dalam mengembangkan aplikasi dan juga sebuah website. Seorang React Developer diharapkan untuk bisa memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul nantinya, terutama pada merge conflicts.

Selain skill secara teknik, seorang React Developer harus menguasai beberapa soft skill lainnya untuk menunjang karir dan juga komunikasi dalam pekerjaan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa skill yang wajib dimiliki:

1. Komunikasi & Team Player

Komunikasi adalah skill yang wajib dimiliki oleh semua pekerja profesional dalam berbagai jenis industri termasuk teknologi. Tak hanya itu saja, seorang React Developer juga harus menjadi sosok yang “Team Player” atau bisa aktif berkontribusi di dalam timnya untuk menyelesaikan pekerjaan, mencapai tujuan bersama, dan mengelola proyek. Hal ini bisa dimulai dengan memahami cakupan pekerjaan dan juga keahlian yang Anda miliki, agar bisa berkolaborasi dengan anggota tim lainnya.

2. Complex Problem Solving

Dalam keseharian sebagai React Developer, Anda akan dihadapkan dengan berbagai masalah teknis ataupun lainnya yang mengharuskan Anda bisa mendapatkan penyelesaian atau solving. Skill complex problem solving ini sempat di World Economic Forum bahwa menjadi salah satu kemampuan yang paling banyak dibutuhkan perusahaan dalam 10 tahun yang akan mendatang.  

3. Adaptif dengan Situasi

Teknologi adalah salah satu industri yang memiliki perubahan paling cepat dan terdapat pergeseran tren yang terus menerus setiap waktunya. Sebagai React Developer Anda juga harus menjadi pribadi yang adaptif pada setiap situasi dalam tim maupun perkembangan teknologinya. Terlebih jika Anda mengerjakan project baru dalam rentang waktu tertentu, maka skill adaptif inilah yang harus dimiliki.

4. Kemampuan Bahasa Asing

Tanpa Anda sadari kemampuan bahasa asing baik secara tertulis dan lisan menjadi hal yang penting dalam pekerjaan React Developer. Biasanya, Anda dihadapkan dengan berbagai file dan juga tools yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga Anda dituntut untuk bisa memahami maksud dan juga instruksi dengan jelas.

5. Manajemen Waktu

Seorang React Developer harus mampu membagi waktu mereka untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan tepat waktu dan sesuai target. Dibalik tugas-tugas yang padat, Anda harus bisa memilih prioritas pekerjaan mana yang harus diselesaikan lebih dulu, baik berdasarkan waktu, tingkat kesulitan, dan juga urgensi dari pekerjaan tersebut.

Keuntungan React Developer

Foto oleh Unsplash

1. Mudah Dipelajari

Saat ini, Anda bisa mendapatkan berbagai sumber materi, latihan, bahkan bootcamp mengenai React Developer. Karena akses informasinya yang mudah, membuat peluang pekerjaan ini pun semakin terbuka dan bisa untuk  “switching career” bagi mereka yang memiliki kemauan dalam belajar React Developer. Meskipun mudah dipelajari, Anda wajib memiliki portofolio ataupun pengalaman lain untuk meyakinkan perusahaan untuk merekrut Anda.

2. Prospek Karir yang Menjanjikan

Sudah menjadi rahasia umum apabila React Developer adalah pekerjaan yang memiliki prospek karir yang menjanjikan. Hal ini dibarengi dengan permintaan banyak perusahaan dan juga pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis yang mereka miliki dalam sebuah website ataupun aplikasi. Bagi Anda yang saat ini masih belum menentukan karir apa yang ingin dijalani di masa depan, React Developer bisa menjadi pilihan alternatif Anda saat ini.

3. Mampu Mendapatkan Networking yang Luas

React Developer saat ini menjadi profesi yang populer di berbagai penjuru dunia. Belum lagi adanya komunitas sesama React Developer yang tersebar berdasarkan domisili dari negara hingga kota. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menambah networking dari berbagai client yang berlokasi dalam maupun luar negeri. Biasanya, dalam komunitas atau forum React Developer, anggotanya akan saling memberikan informasi ataupun saling membantu dalam project yang dilakukan.

4. Sistem Kerja Lebih Fleksibel

Pekerjaan di bidang teknologi saat ini rata-rata memiliki jam kerja yang fleksibel. Dalam artian Anda tidak harus datang langsung ke kantor untuk bisa bekerja, adanya sistem Work From Home (WFH) tentu membuat pekerjaan ini menjadi sangat efisien dari segi waktu dan bisa membuat Anda menjadi lebih produktif dalam bekerja. Apabila Anda mendapatkan pekerjaan dengan zona waktu yang berbeda juga akan mendapatkan toleransi jam kerja atau berkaitan dengan hari libur yang ada di domisili Anda asalkan semua pekerjaan sudah berhasil diselesaikan tepat waktu.

Cara Menjadi Seorang React Developer

Foto oleh Unsplash

Bagaimana cara menjadi seorang React Developer yang profesional? Berikut ini adalah penjelasannya!

1. Mempelajari Basic

Hal dasar yang harus dikuasai oleh React Developer adalah HTML, CSS, dan JavaScript. Apabila Anda sudah bisa menguasai ketiga elemen ini, maka akan mempermudah Anda dalam membentuk style dan membuat tampilan visual menjadi lebih baik. 

2. Mempelajari React

Kemudian, jangan lupa untuk mempelajari tentang React baik React Js atau React Native. Anda harus belajar React yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda nantinya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari React, Anda juga bisa mencari mentor yang mampu mengajarkan lebih dalam penggunaan React. Selain itu, saat ini juga terdapat banyak modul ataupun kelas yang tersedia untuk mempertajam kemampuan Anda. Jangan lupa untuk mengotak-atik dan mencari tahu bagaimana mengembangkan sebuah aplikasi atau situs.

3. Mempelajari Skill Development yang Dibutuhkan

Dalam menjadi seorang React Developer, Anda memerlukan beberapa skill development yang harus dikuasai dan dikembangkan kembali seperti mempelajari GIT, menguasai HTTP(S) protocol, mempelajari tentang terminal, terbiasa dengan struktur data dan algoritma, serta mempelajari tentang design pattern.

4. Menguasai Build Tools

Jangan lupa untuk menguasai build tools baik untuk website ataupun aplikasi. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mempercantik tampilan aplikasi dan website sehingga bisa berjalan dengan lebih optimal saat digunakan oleh user.

5. Membuat Portofolio

Terakhir adalah dengan menguji coba kemampuan Anda sehingga bisa membuat portofolio mengenai proyek yang dilakukan. Anda bisa mencoba membuat study case dengan merilis aplikasi atau produk website sehingga dapat menjadi tolak ukur kemampuan Anda untuk menjadi seorang React Developer yang profesional.

Jenjang Karir

Kini saatnya membahas mengenai jenjang karir seorang React Developer. Menurut Vectorly, ada beberapa tahapan yang bisa Anda lalui:

  • React Developer Inter (Memiliki pengalaman <1 tahun dan harus menguasai basic programming)
  • React Developer Junior (Memiliki sekitar 1-2 tahun pengalaman dan dasar pemrograman dasar. Serta pernah memberikan kontribusikan ide selama rapat tim yang dilakukan pada sebuah project)
  • Middle React Developer (Memiliki lebih dari 2 tahun pengalaman dalam software engineering. Selain itu membutuhkan juga skill pengawasan dan meminimalisir pengerjaan ulang dalam project)
  • Senior React Developer (Ahli dalam konsep desain, ambil proyek kompleks, dan mampu membimbing React Developer junior. Mereka biasanya memiliki 5-8 tahun pengalaman pemrograman dalam industri)
  • Staff Engineer React Developer (Untuk mencapai level ini, dibutuhkan pengalaman lebih dari 10 tahun. Pengetahuan yang mendalam tentang codebase)
  • Senior Staff Engineer React Developer (Memiliki pengalaman kurang lebih 12+ tahun. Pada level ini seseorang akan menentukan langsung strategi besar dan bagaimana langkah taktikal untuk mencapai tujuannya)

Gaji

Foto oleh Unsplash

Dilansir dari Glassdoor, pendapatan seorang React Developer di Indonesia berkisar dari 6-15 juta untuk entry level dan 30-50 juta untuk level menengah hingga senior. Sementara secara global, pendapatan seorang React Developer senior bahkan bisa menyentuh angka $86,393 atau sekitar 1,3 Miliar per tahunnya, dan dalam perbulannya bisa mendapatkan 108 juta. Gaji yang besar juga dibarengi dengan tanggung jawab serta beban kerja yang sepadan, namun Anda bisa mempertimbangkan pekerjaan ini sebagai batu loncatan dalam karir Anda berikutnya.

Kesimpulan

Secara garis besar, React Developer adalah pekerjaan yang bisa Anda jadikan sebagai opsi untuk membangun karir dalam industri teknologi. Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membangun portofolio dan belajar dari berbagai sumber yang ada saat ini untuk mempertajam kembali kemampuan Anda. 

Tak bisa dipungkiri lagi jika pekerjaan React Developer adalah yang menjanjikan di Indonesia maupun secara global. Nah, saatnya Anda mewujudkan impian sebagai React Developer di Badr Interactive!

Saat ini Badr Interactive membuka lowongan React Native Developer yang bisa Anda coba. Jadi, tunggu apalagi? Wujudkan impian dengan bergabung dengan Badr Interactive sekarang!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email

100+ companies have collaboration with Badr Interactive

For more than 10 years, we have developed 300+ websites/apps for our various clients. Let’s join and create the best system for your company

Other Insight

Grow Your Knowledge About Software Development with Software Development Guidebook

You Dream It, We Build It

Our Services

We provide several bonuses FOR FREE to help you in making decisions to develop your own system/application:

  • Risk Free Development Trial
  • Zero Requirement and Consultation Cost
  • Free Website/Mobile Audit Performance