Menentukan Website Platform dan Mobile Application untuk Kebutuhan Business Strategy Anda

Badr Interactive
- 05 May 2020

Website platform dan mobile application saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar dalam bisnis online di internet. Kita semua sudah sering mendengar para pebisnis online di internet tentang bagaimana mereka bertahan dan memanfaatkan berbagai platform untuk mencapai tujuan bisnisnya, yang paling utama yaitu website platform dan mobile application.


Saat ini internet telah memasuki seluruh aspek dalam kehidupan kita. Merujuk pada data hootsuite tentang tren digital di tahun 2019, data pengguna internet di Indonesia memiliki total pengguna internet mencapai lebih dari 50% populasi penduduk dengan pertumbuhan pengguna internet naik sebesar 13% sejumlah kurang lebih 17 juta orang. Disisi lain jumlah internet mobile user sebesar 142 juta atau sekitar 53% dari total populasi orang Indonesia. Selain itu data dari wedevs.com mengenai trend transaksi jual beli di platform marketplace juga menjelaskan bahwa aktivitas jual beli lebih saat ini banyak terjadi pada platform mobile.


 

 

Paparan data tersebut memberikan gambaran kepada kita bagaimana intervensi teknologi terutama penggunaan internet baik melalui browser ataupun mobile memiliki tren peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu adalah keniscayaan bagi seluruh pelaku industri saat ini untuk membangun eksistensi digital mereka melalui website ataupun aplikasi. Namun pertanyaannya sekarang adalah, kapan waktunya kita menggunakan website dan kapan kita sudah harus mengembangkan aplikasi?

 

Website untuk Pengembangan Bisnis Anda

 

Peran website dalam keberlangsungan bisnis tidak perlu ditanyakan lagi. Di era informasi seperti ini, kebutuhan website sebagai representasi perusahaan adalah kewajiban yang harus dipenuhi. Selain meningkatkan kredibilitas perusahaan, website juga berperan untuk memperkuat brand perusahaan di mata konsumen. Melalui website Anda akan lebih mudah memberikan update informasi perusahaan Anda, baik berita, produk katalog, promosi, acara mendatang, dan berbagai jasa lain yang Anda tawarkan.

Website dapat membantu Anda untuk selalu terhubung dengan pelanggan karena bisa diakses selama 24 jam oleh siapapun. Selain itu website juga akan membantu Anda menjangkau target pasar yang lebih luas melewati batas-batas geografis.

 

Hal lain yang kemudian membuat Anda penting untuk memiliki website adalah karena saat ini mayoritas oran mencari informasi melalui search engine google. Bahkan menurut studi dari AdWeek, 81% konsumen melakukan pencarian informasi melalui google sebelum memutuskan pembelian. Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan yang menggunakan SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan peringkat pencarian di google sehingga website kita mampu berada dalam deretan atas hasil penelurusan google. Selain itu, saat ini pun juga sudah banyak free website platform yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis.

Jika Anda perusahaan besar dengan jumlah user yang sampai ribuan atau bahkan jutaan, maka penting bagi Anda untuk memiliki infrastruktur website yang kuat sehingga berbagai transaksi ataupun aktivitas yang terjadi di website tidak akan membuat performa website menjadi turun.

 

Mobile Application dan Perannya dalam Meningkatkan User Engagement

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita juga telah memasuki era teknologi mobile, di mana penggunaan smartphone yang semakin tinggi menyebabkan banyak perusahaan kemudian membangun aplikasi untuk bisnis mereka demi mendapatkan user sebanyak-banyaknya.

Pada dasarnya mobile application memberikan pengalaman berbeda bagi user dibandingkan dengan website. Mobile application biasanya lebih cepat digunakan dibandingkan dengan mengakses website melalui aplikasi. Hal ini disebabkan karena data-data yang ada tersimpan secara lokal dalam device kita. Hal lain yang kemudian menjadi karakter tersendiri dari mobile application adalah konten yang bersifat lebih personal. User secara umum menyukai konten yang sesuai dengan preferensi mereka. Personalisasi konten based on kebutuhan user lebih mudah dibuat dalam mobile application. Sehingga dalam konteks user engagement, maka mobile application akan jauh lebih unggul dibandingkan menggunakan website.

 

Seluruh aplikasi mobile menawarkan instan akses yang mengizinkan user mendapatkan konten secara cepat bahkan secara offline. Pada dasarnya aplikasi membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan fungsi-fungsi kritikal seperti payment atau notifikasi, namun aplikasi tetap dapat memberikan konten basic dan fungsionalitas tertentu kepada user dalam mode offline. Kemampuan untuk bekerja secara offline menjadi perbedaan yang sangat fundamental antara website dan aplikasi.

Berbeda dengan website yang cukup mudah diakses hanya klik domain websitenya, aplikasi mobile mengambil memori penyimpanan dalam device karena harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Tentu bagi orang-orang yang sudah memiliki cukup banyak aplikasi, mendownload aplikasi lain dengan value yang tidak begitu kuat dan relevan sesuai dengan kebutuhan mereka, adalah hal yang tidak menarik. Oleh karena itu ketika kita ingin berinvestasi pada pembuatan aplikasi mobile, salah satu yang harus dipertimbangkan adalah seberapa besar value dari aplikasi kita dan seberapa besar kemungkinan orang mau mendownload aplikasi tersebut.

 

Kembali ke pertanyaan awal, kapan kita harus mengembangkan aplikasi mobile? Atau apakah setiap bisnis perlu mengembangkan website dan aplikasi sekaligus?

 

Jawabannya adalah tergantung dari tujuan bisnis Anda. Sebagaimana disebutkan di awal, website sangat baik untuk meningkatkan jejaring dan profile bisnis Anda kepada user. Jika tujuan Anda adalah untuk membangun brand bisnis, meningkatkan awareness user terhadap bisnis Anda, serta memperluas target pasar Anda, maka website adalah prioritas yang harus Anda bangun terlebih dahulu. Apalagi jika Anda merupakan startup dan masih perlu banyak memvalidasi business model Anda, maka website menjadi tools yang paling affordable untuk Anda kembangkan sembari melakukan proses validasi. Namun sebaliknya, jika Anda masih dalam tahap memvalidasi bisnis Anda dan belum memiliki user yang cukup besar, saran kami jangan membangun aplikasi mobile dulu.

 

Aplikasi mobile sangat berperan dalam meningkatkan engagement user Anda, dalam hal ini aplikasi mobile akan membuat customer journey user Anda lebih baik karena memudahkan mereka untuk melakukan berbagai aktivitas di fitur yang ada di aplikasi melalui handphone. Jika Anda sudah memiliki user yang cukup besar, bisnis model yang sudah tervalidasi, dan keinginan untuk memberikan added value berupa meningkatkan user experience, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mengembangkan aplikasi mobile.

 

Dalam membuat aplikasi mobile Anda harus benar-benar sudah memiliki positioning dan added value yang kuat karena tidak semua orang ingin menginstall aplikasi baru yang akan mengambil kuota internet dan memakan memori devicenya. Namun perlu diingat, jumlah pengguna mobile internet user terus meningkat setiap tahunnya. Indonesia merupakan pasar yang sangat besar untuk mobile user, bahkan sudah menjadi lumrah bahwa satu orang memiliki lebih dari dua device sekaligus. Sehingga pengembangan aplikasi mobile merupakan investasi yang akan membawa dampak positif yang signifikan bagi bisnis Anda untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan engagement mereka terhadap produk Anda.


100+ perusahaan bekerjasama dengan Badr Interactive untuk mengoptimalkan website dan aplikasi mereka.

Selama lebih dari 8 tahun, kami telah mengembangkan 200+ website/aplikasi untuk berbagai klien kami.

Mari bergabung dan ciptakan sistem terbaik untuk perusahaan Anda