5 Rekomendasi Aplikasi Android untuk kamu yang ingin belajar Qurán

Big Zaman
- 05 September 2019

Alhamdulillah, sekarang sudah semakin banyak aplikasi islami yang bisa membantu kita untuk menjadi muslim yang lebih baik. Alih-alih menggunakan smartphone kita hanya untuk berseluncur di media social seperti instagram, facebook atau youtube, menginstal atau subscribe kanal informasi yang tepat, akan membuat kita bisa semakin dekat dengan Allah, insyaa Allah.

Terinspirasi dari beberapa orang yang komentar atau japri terkait aplikasi-aplikasi Android yang sering digunakan, agar manfaatnya bisa lebih banyak, kami buat tulisan review beberapa aplikasi yang menurut kami sangat recommended. Terutama untuk yang punya ketertarikan spesifik dengan Qur’an, yang ingin bisa konsisten membaca Al Qur’an, keep motivated untuk menghafal, memahami, dan mengamalkan Al Qur’an. Kami juga akan menyertakan tipe aplikasi masing-masing, apakah aplikasi tersebut untuk tilawah, menghafal, memahami, dan lain sebagainya.

Agar tidak conflict of interest dengan kepentingan Badr, kami exclude aplikasi-aplikasi buatan Badr 😀 Tapi jika ingin tahu beberapa aplikasi Badr, silahkan bisa dilihat di playstore dengan keyword “Badr Interactive”

Bismillaah.

1. Al Qur’an (Tafsir & By Word)

Tipe : Aplikasi Tilawah, Aplikasi Menghafal

Ini salah satu aplikasi Android yang sangat komprehensif, kalau saya share ke Instagram atau Facebook hampir selalu ada yang nanya, “Ini aplikasi apa Bang?


Salah satu fitur yang keren di aplikasi ini adalah terjemah per kata. Dan yang menarik, jika kita tap salah satu kata, maka akan muncul kata bentukan dari kata tersebut sampai kata dasarnya. Kalau di-tap lagi, akan muncul dimana saja kata itu ada di Al Qur’an. Selain itu juga ada fitur tafsir walaupun baru ada Tafsir Ibnu Katsir dalam Bahasa Inggris. Untuk yang sudah mulai menghafal dan menggunakan metode menghafal dengan artinya, aplikasi ini akan sangat membantu karena bisa menghafalkan terjemahannya per kata.

Fitur dasar lain seperti mushaf (dengan style per ayat, bukan per halaman atau “mushaf pojok”) dengan standar penulisan mushaf Madinah, memutar murottal, dan lain-lain juga OK. Tapi untuk yang biasa menggunakan “mushaf pojok” terutama yang sudah mulai menghafal, lebih nyaman menggunakan seperti Quran Android atau mushaf cetak.

Tautan : Al Qur’an (Tafsir & By Word)

2. Lafzi

Tipe : Aplikasi Memahami

Aplikasi ini sangat membantu untuk kita yang suka mendengarkan ceramah baik langsung maupun video, ingin tau lebih jauh ayat yang disampaikan oleh penceramah tapi tidak tau ayatnya. Tinggal ketik saja seperti berikut “fasabbih” atau “amma yatasaa aluun”, lalu aplikasi akan menampilkan ayat-ayat terkait kata kunci tersebut.


Tautan : Lafzi

3. Al Matsurot Pagi (Zikir Pagi Petang)

Tipe : Aplikasi Zikir

Banyak versi bacaan terkait zikir pagi dan petang, salah satu yang sering saya gunakan adalah bacaan Al Matsurot. Aplikasi ini menurut saya aplikasi Al Matsurot paling baik dari yang ada di Playstore karena tersedia opsi kubro dan sughro serta “look and feel”-nya tidak jauh berbeda versi buku cetaknya.