BLOG POSTS

21 March 2016

strategi seo harus memperhatikan 8 hal ini

Strategi SEO Sukses Harus Memperhatikan 8 Hal Ini

“We always update. I don’t know the details, but what I know, every minutes we always update.“ 

Itu pernyataan unofficial dari seorang teman saya di Google, saat kami membahas strategi SEO, dan saya menanyakan tentang update algoritma Google akhir-akhir ini ketika Badr Interactive diundang berkunjung ke Google Indonesia.

Update dalam algoritma Google menjadi semacam momok menakutkan untuk praktisi SEO seperti saya. Kami jadi harus berpikir lagi mengenai efek perubahan algoritma tersebut terhadap blog yang kami kelola. Jangan-jangan, strategi SEO sukses yang kami terapkan sebelumnya tidak akan bisa digunakan lagi.

Saya berharap, dengan tulisan ini, Anda akan terbantu untuk mengembangkan bisnis Anda melalui SEO. Mari simak tips-tips berikut.

Riset Keyword

SEO tidak bisa dilepaskan dengan kata kunci (keyword). Keyword adalah kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna mesin pencari ketika ingin mencari informasi. Oleh karena itu, riset keyword menjadi sangat penting untuk mengetahui keyword mana yang banyak dicari orang.

Banyak ahli SEO yang berkata bahwa riset keyword sudah tidak terlalu penting, mengingat Google sering meng-update algoritmanya. Namun, bagi kami di Badr Interactive, keyword masih tetap harus dioptimasi demi mendapatkan hasil yang optimal.

Dalam melakukan riset keyword, Anda juga perlu memperhatikan korelasi antara keyword yang Anda gunakan, dengan website atau bisnis Anda. Jangan menaruh keyword “jual Macbook bekas” tapi sebenernya website Anda menyediakan info tips dan trik menggunakan Macbook. Penggunaan keyword yang tidak relevan, jelas tidak baik untuk bisnis Anda.

Always Think Mobile!

Semenjak Google merubah algoritma pada pertengahan tahun 2015 lalu, yang menjadikan kenyamanan penggunaan perangkat mobile sebagai prioritas, cara berpikir kita juga harus berubah. Kami menyebut perubahan algoritma itu sebagai menjadi mobilegeddon, karena pada saat itu, strategi SEO dan website development juga harus ikut berubah.

Karena itu, setidaknya ada dua hal yang harus Anda perhatikan:

  1. Website anda harus responsif dan mampu beradaptasi secara UI/UX saat diakses melalui desktop dan mobile. Responsif menjadi syarat mutlak apabila website Anda ingin tampil di sisi atas dalam pencarian Google. Kabar baiknya, jika Anda membuat website dengan CMS seperti WordPress, sekarang sudah banyak tersedia tema yang responsif.
  2. Istimewakan pengguna mobile dengan membuat konten yang singkat dan jelas.

Konten Adalah Raja

Dalam hal konten, tidak ada kompromi, dan tidak ada yang berubah di tahun 2016. Menulis konten masih menjadi faktor yang penting untuk marketing dan SEO. Tetapi, sekarang konten gambar dan video memiliki porsi yang cukup signifikan dalam SEO dan tentunya untuk bisnis anda. Pengunjung website Anda lebih senang melihat gambar dan video ketimbang tulisan yang monoton kan?

Menargetkan pengguna mobile dengan gambar dan video lebih simple karena mereka tidak punya waktu atau bosan untuk membaca satu artikel yang panjang tetapi dengan gambar dan video, itu bisa di jelaskan dengan menarik.

Jadi, yuk mulai menyiapkan video dan gambar yang menarik untuk website Anda.

Fokus di Media Sosial

Google ingin para pebisnis fokus kepada pengguna. Ini berarti,  eksistensi bisnis Anda di sosial media juga harus ditingkatkan. Tidak satu atau dua kali kami menemukan hasil pencarian di Google yang terhubung dengan akun maupun fanpage di media sosial.

Saat ini, media sosial menjadi bagian yang sangat penting untuk marketing dan strategi SEO. Keterlibatan calon konsumen di sosial media milik bisnis Anda menjadi penting untuk optimasi SEO, dan marketing secara umum.

Analisis SEO

Data adalah sahabat para marketer, dan harus juga menjadi sahabat Anda mulai dari sekarang. Data SEO yang Anda miliki, harus bisa Anda gunakan untuk mengoptimasi SEO. Gunakan dan perbarui data secara berkala. Dengan data yang Anda miliki (misalnya data hasil riset keyword), strategi SEO Anda bisa menjadi lebih jitu.

Ceritakan Brand Anda

Brand Anda pasti punya kisah yang layak untuk diceritakan.  Cerita mengenai brand Anda bisa membuat calon konsumen tertarik, dan menggunakan produk atau jasa Anda. Pastikan brand anda selalu menjadi perbincangan di target pasar anda. Semakin banyak yang membicarakan brand Anda, misalnya banyak review tentang brand Anda, semakin baik SEO brand Anda.

Iklan yang Berbayar

Facebook dan Google adalah contoh platform yang menawarkan jasa iklan berbayar. Kedua contoh tersebut paling banyak digunakan oleh marketer.

Ketika Anda butuh hasil yang cepat dan jangkauan yang lebih luas untuk Brand anda selain hasil organik, ini bisa menjadi solusi anda untuk hasil yang signifikan. Tetap ingat, anda harus bijak dalam mengeluarkan budget untuk iklan berbayar. Mulai lah dari biaya yang rendah untuk melihat respon target pasar anda.

Proses Butuh Waktu

Ketika Anda membaca artikel ini, SEO dan marketing terlihat cukup mudah. Jangan salah, untuk memahami brand Anda, Anda dituntut untuk memahami proses marketing brand Anda baik secara online, maupun marketing di dunia nyata. Hal ini membutuhkan usaha dan waktu yang bisa jadi tidak sebentar. Tunggu antara tiga sampai enam bulan hingga strategi SEO Anda bisa memperlihatkan hasilnya.

Salah satu kunci suksesnya, Anda tidak boleh terpaku untuk salah satu test. Anda harus mencoba tes A/B ke bisnis anda, sehingga anda bisa dapat insight baru dan menganalisa apa saja rencana yang berhasil dan mana yang tidak. Jangan terpaku dengan apa yang sudah dilakukan perusahaan lain, sering kali akan berbeda hasil untuk bisnis anda.

Insan kamil Pratama

Insan kamil Pratama

Digital Strategist at Badr Interactive
A Marketing Communication’s graduate who is enthusiast in branding and digital marketing. Love to learn, write and share about Digital Strategic etc.
Responsible as manager of all Digital and Social media strategy at Badr interactive, giving solution with knowledge and skills in integrating each digital tools.
Ask me more: insan@badr-interactive.com
Insan kamil Pratama

Latest posts by Insan kamil Pratama (see all)