BLOG POSTS

27 February 2015

Change-Your-State---Phantom-Load

Phantom Load: Cabut Stop Kontak Anda!

Assalmualaikum wr wb.

Semangat pagi sobat Badr! Di hari jumat yang berkah ini, saya ingin sharing tentang suatu fenomena yang terjadi sehari-hari di lingkungan kita, mungkin terutama di lingkungan kerja. Semoga bermanfaat!


 

Teman-teman ada yang mengenal istilah phantom load? Phantom load adalah setiap peralatan elektonik yang mengkonsumsi listrik saat mati karena tetap terpasang ke stop kontak. Berdasarkan Departemen Energi Amerika Serikat , 75% dari listrik yang digunakan untuk elektronik rumah terkonsumsi saat perangkat tersebut mati, phantom load juga bertanggung jawab atas 75 juta to emisi carbon, dan segunung sumber daya yang terbuang untuk memproduksi energi tersebut.

phantom-load-table
Berikutmerupakan salah satu skenario dari phantom load untuk berbagai perangkat elektronik. (Sumber : TakeControlandSave.coop)

 

Menemukan Phantoms

Untuk menemukan phantom di rumah Anda, silahkan cek setiap stop kontak. Saat televisi mati, itu tidak sepenuhnya mati, TV menyimpan energi untuk mengingat channel, preferensi setting, volume, dan lain-lain. Peralatan rumah tangga seperti TV, Komputer Desktop, Monitor, Printer dan apapun yang mempunyai tampilan digital juga mengkonsumsi listrik saat terpasang di stop kontak.. walau dalam posisi mati. Untuk setiap perangkat tersebut dibutuhkan tenaga sebesar 19 watt yang setara dengan 13 kWh, maka dalam sebulan mengeluarkan 21 ribu, atau  252 ribu untuk setahun, hanya untuk membiarkan perangkat tersebut terpasang di stop kontak.

Menghilangkan Phantoms

Cara terbaik untuk menghilangkan phantom load adalah dengan mencabut semua peralatan listrik pada malam hari atau pada saat tidak dipakai, dan beberapa ide tambahan berikut :

  • Matikan lampu yang tidak terpakai saat malam hari
  • Memakai screen saver tidak mengurangi energi yang digunakan monitor, nyalakan switch otomatis ke mode sleep atau matikan monitor secara manual merupakan cara yang lebih baik untuk menghemat energi.
  • Cabut charger dari stop kontak saat baterai penuh atau saat charger tidak digunakan.
  • Belilah produk yang berlabel ENERGY STAR, karena saat stand by, produk ini mengkonsumsi tidak lebih dari 1 watt.

Demikian sedikit penjelasan tentang phantom load, semoga bisa membuat kita semakin bijak dalam menjaga perangkat elektronik, sekaligus berkontribusi melestarikan budaya hijau.

Sumber:

1. www.takecontrolandsave.coop

2. Bach, David. Go Green, Live Rich.

Andika Amri

Hello, my name is Andika Amri, just graduated from faculty of computer science Universitas Indonesia. I have a 3 years experience in web development and ux design. I'm also interested in hiking, basketball, and books about politics, inspiring story, islamic religion and life motivation. Now I'm currently signed up my self in PT Badr Interactive, an IT service company for mobile and web apps.
Andika Amri


Avatar