BLOG POSTS

3 March 2016

Membuat Web Copy Yang Baik Untuk Bisnis Anda Dengan Mudah - Photo Credit beliefnet.com

Membuat Web Copy Yang Baik Untuk Bisnis Anda Dengan Mudah

Apa itu web copy? Apa manfaatnya? Bagaimana cara membuat web copy yang bisa menarik pengunjung?

Di zaman ketika semua orang terhubung, dan mereka bisa mengakses website dari seluruh dunia kapanpun mereka mau, sebuah bisnis harus memiliki web copy yang baik. Karena itulah, bagi seorang copywriter atau business owner, membuat web copy yang baik menjadi sangat penting.

Apa itu web copy? Web copy adalah inti dari website Anda. Dia adalah inti yang akan memandu pengunjung website Anda, dan memberi tahu mereka informasi yang perlu mereka tahu. Web copy ada di halaman utama, halaman ‘about’, halaman produk dan layanan, dan di semua sisi website Anda.

Web copy bisa meningkatkan penjualan. Semua orang ingin mengikat pengunjung websitenya secara cepat, dan mengkonversinya menjadi customer. Web copy yang baik akan melakukan itu semua untuk Anda.

Bayangkan Anda membutuhkan sebuah produk atau jasa yang Anda cari melalui mesin pencari. Tak lama, Anda masuk ke sebuah website yang ‘about page’-nya bukan berisi tentang perusahaan tersebut, namun berisi tentang bisnis mereka. Bukankah itu menyenangkan untuk Anda?

Membuat Webcopy Yang Baik-2
Mendapatkan informasi yang tepat, Anda pasti langsung: Yuuuhuu~

 

‘About page’ dengan web copy yang baik akan membuat pengunjung merasa mereka datang ke website yang tepat, dan langsung ingin membeli produk atau jasa Anda.

Bukan hanya ‘about page’, halaman penawaran produk dan layanan Anda juga harus dirancang untuk menjual. Bagaimana caranya? Ya dengan web copy yang baik. Namun, masih banyak pemilik bisnis atau marketer yang kesulitan dalam membentuk sebuah website dengan web copy yang baik.

Mungkin juga, Anda telah menghabiskan banyak sumber daya untuk membuat web copy  yang menarik, namun masih merasa tidak optimal. Mungkin sekarang saatnya Anda untuk lebih serius lagi dalam membuat web copy yang baik, dan sepuluh tips berikut bisa membantu Anda untuk meningkatkan konversi di website, dan membuat ‘closing’ bisnis menjadi lebih mudah.

 

1. Jelas
“Clearness is secured by using words that are current and ordinary.” – Aristoteles.

Gunakan bahasa yang biasa Anda gunakan dalam berkomunikasi dengan klien. Jangan gunakan bahasa yang terlalu teknis yang jelas-jelas membuat calon klien berpikir beberapa kali hingga paham. Kejelasan dalam menuturkan kata-kata adalah kunci untuk mencapai kesepahaman antara Anda dan calon klien.

 

2. Ringkas

Setiap kata yang terangkai dalam copy di website Anda harus mudah dimengerti pengunjung. Web copy harus mampu menjelaskan maksud dan tujuan Anda. Buang jauh-jauh kalimat-kalimat yang tidak penting. Terakhir, hindari kalimat yang terdiri lebih dari enam belas kata.

 

3. Semua Tentang Klien

Ingat, Anda ingin menjelaskan bisnis Anda kepada mereka. Web copy yang baik adalah web copy yang mampu menyentuh hati mereka. Banyak perusahaan yang gagal merefleksikan prinsip ini di website mereka. Daripada menyatakan “Kami jago melakukan inbound marketing” coba kalimat seperti “Tingkatkan traffic web dan klien Anda dengan konten yang menarik.”

 

4. Manfaatkan pointer

Banyak orang yang lebih menyukai website yang ringkas dan jelas. Jadi, pointer bisa sangat bermanfaat untuk membuat pengunjung bertahan di website Anda. Jika ada penjelasan dengan kalimat yang panjang, coba pecah kalimat tersebut menjadi beberapa bagian, agar lebih ringkas dibaca oleh pengunjung.

 

5. Hindari penggunaan jargon berlebihan

Pengunjung datang ke suatu website karena ingin mendapatkan informasi, bukan membaca jargon di setiap sisi website tersebut. Berikan nilai tambah yang baik dengan blog yang menarik maupun tulisan-tulisan yang bisa mengedukasi pengunjung tentang bisnis Anda.

 

6. Jangan abaikan ‘microcopy’

Microcopy adalah teks-teks kecil yang ada di dalam website, dan jarang diperhatikan oleh kita. Microcopy bisa berbentuk label dalam tabel, instruksi singkat, atau label sebuah tombol. Hal-hal kecil seperti ini, jika tidak diperhatikan, bisa membuat pengalaman berselancar di website Anda tidak menyenangkan.

 

7. Rangkai ‘Call To Action’ yang menarik

Call to action (CTA) adalah salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam menciptakan web copy yang baik. Jangan pernah mengkhianati web copy anda dengan meninggalkan pengunjung begitu saja, tidak tahu apa yang harus dia lakukan selanjutnya.

 

8. Perhatikan Kompetitor

Mengenal kompetitor juga menjadi hal yang penting untuk membuat web copy yang baik. Bagaimana kompetitor Anda mempresentasikan produk dan layanan mereka? Fitur dan keuntungan apa yang mereka berikan kepada pelanggan? CTA seperti apa yang mereka gunakan?

 

9. Kenali pengunjung website Anda

Cari tahu apa kesulitan mereka yang berhubungan dengan bisnis Anda, dan presentasikan solusinya di web copy Anda. Cari tahu mengapa mereka mau menggunakan produk atau layanan Anda, bagaimana cara mereka membelinya, untuk apa mereka menggunakannya, dan apa saja hal yang penting bagi mereka.

 

10. Perbaiki dan optimasi

Silakan bereksperimen dengan mengganti jenis huruf, warna, atau penempatan gambar di website Anda. Eksperimen sangat penting untuk mengetahui pola yang paling efektif untuk memikat calon pengguna produk atau layanan Anda. Bagi seorang copywriter yang baik, perbaikan dan perubahan sudah harus menjadi makanan sehari-hari.

 

Sepuluh tips diatas sangat layak untuk Anda praktikkan untuk membuat web copy yang baik. Tidak dapat dipungkiri, memang sulit untuk membuat web copy yang bisa menarik penjualan produk atau jasa Anda. Pemula pasti akan merasakan banyak kesulitan disana-sini, dan kunci keberhasilannya adalah latihan. Perbanyak latihan untuk membuat web copy yang baik, dan subscribe ke blog yang menyediakan informasi tentang web copy, seperti disini.

 

Even the master was once a beginner
Quote ini dibuat dengan aplikasi quote pintar di Android dan iOS buatan Badr Interactive: Inspire. Download di Playstore dan Appstore.

 

Selamat berlatih, semoga tips yang saya berikan bisa bermanfaat bagi Anda!

Rahardian Wahyu Pradana
Let's Play

Rahardian Wahyu Pradana

Digital Strategist at Badr Interactive
Internet marketer and online business enthusiast. A proud gamer: RPradana19 in Xbox Live.
Rahardian Wahyu Pradana
Let's Play